PPS BRI


Hay, sob.  Sekarang saya jarang punya kesempatan untuk menulis kata-kata berserakan di blog ini.  Apalagi sampai blogwalking ke beranda teman-teman, jadi maaf ya sob.  Permasalahannya, laptopku sekarang lagi error di bagian sirkuit listriknya (ada arus pendek listrik), sempat diservice tetapi sudah benar-benar tak tertolong lagi.  Jadi, untuk sementara ini saya akan menulis melalui android device-ku (Samsung Galaxy Ace 2) walau harus telaten.

Okke.  Jump to main idea.  Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tentang pengalaman-pengalaman kerja yang saya ikuti selepas wisuda.

PPS (Program Pengembangan Staf) BRI

PPS BRI adalah perekrutan pegawai Bank BRI yang dilaksanakan untuk mendapatkan pegawai unggul guna menguatkan kinerja Bank BRI.  Di program ini posisi jabatan yang ditawarkan ada lengkap seperti frontliner, audit, marketing, riset, marketing, dsb.  Nah, pada kesempatan ini saya mengambil posisi auditor.

Pengalaman ini saya dapatkan di Kantor Wilayah Palembang Jl. Kapten A. Rivai pada bulan September-November 2013.

Tahapan Seleksi

Tahap I : Wawancara awal.
Saya dipanggil bersama lima orang peserta lainnya.  Pertanyaan yang diajukan :
1. Apa yang Anda ketahui tentang bank?
2. Alasan kenapa ingin kerja di Bank BRI?
3. Apa yang sudah dipersiapkan sebelum wawancara hari ini?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada kertas kartoon dan dijawab secara bergiliran oleh lima peserta yang diwawancarai kepada satu orang pewawancara.  Sistem wawancara tidak dilakukan secara panel.  Kalau sobat menguasai bahasa inggris aktif, jawaban boleh diajukan dengan bahasa inggris (diutamakan).  Saran saya, sobat harus pelajari tentang sejarah bank BRI dan mempelajari perbankan.

Tahap II :  Psikotes
Peserta yang lulus tahap I diumumkan tiga hari setelahnya.  Pada tahap II, seleksi dimulai dari pukul 08.00 – 14.00.  Tes yang diujikan yaitu, matematika dasar, padanan kata, pauli, angket kepribadian, angket profesi kerja, dan warteg (gambar).  Saran saya untuk tahap ini, sobat harus istirahat lebih awal di malam hari sebelum tes.  Karena kalau terlalu kelelahan dapat mengganggu konsentrasi.

Tahap III : TOEFL
Tahap ini dilaksanakan berkelanjutan setelah tahap I.  Tepatnya, setengah jam setelah tahap II.  Yang diujikan yaitu : Listening, Reading, Structure, Writing (Essay at least 500 words).  Tes writing adalah mengarang bebas dengan memilih salah satu dari lima tema yang diberikan.  Yang saya ingat, tema yang saya ambil waktu itu adalah usaha yang sedang saya kembangkan (entrepreneurship).

Tahap IV : Wawancara Psikolog
Tahap ini dilaksanakan pada hari yang sama dengan tahap I dan tahap II.  Pada tahap ini, ada satu orang psikiater yang mewawancari saya.  Satu orang/wawancara.  Perihal yang ditanya yaitu, tentang pendidikan formal, prestasi, organisasi, dan relasi.  Kurang lebih wawancara dilaksanakan selama 25 menit.  Peserta yang mengikuti tes TOEFL dapat dipastikan berlanjut ke tahap ini.

Tahap V : Wawancara Direksi
Tahap ini diumukan paling cepat dua minggu atau dua bulan paling lama setelah tahap II jika lulus.  Akan ada dua orang direksi yang akan mewawancarai setiap satu orang peserta.  Paling cepat wawancara selesai setelah 30 menit.  Perihal yang diwawancarai adalah ke personal.  Riwayat hidup, pengalaman kerja, kepribadian (hobi, pacar, kenalan, dsb).  Sedikit ulasan tentang perbankan, motivasi kerja, dan keluarga.  Nah, di tahap ini saya tidak lulus karena sebagai audit minimal mempunyai pengalaman kerja di audit.  Dengan demikian, say maklumi bahwa saya tidak lulus.

Pada tahap berikut adalah perkiraan yang mungkin akan dijalani.
Tahap VI : Medical Checkup
Tahap VII : Kontrak Kerja

Saran :
Jika sobat berada dari luar Palembang, sobat bisa mendapatkan penginapan murah di dekat Kanwil BRI di dekat lampu merah perempatan.  Yaitu kosan AW. Rp70rb/malam.  Disitu pegawai Bank BRI kebanyakan mengontrak, jadi bisa sekalian bersosialisasi.

Okke sob.  Sementara itu yang dapat saya share.  Sobat bisa tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan.  Terimakasih sudah membaca sampai baris akhir ini.🙂

Menurutmu bagaimana?

