Kapan?


26 Maret 2014
Tanjung Senang, Bandar Lampung
Pkl. 01.14 WIB
– Tulisan tanpa kalimat utama –
#justWrite

Kalau mau dikatakan level disiplinku turun.  Iya, saya tidak bisa banyak alasan untuk membantah itu.  Karena level disiplinku sedang turun seturun-turunnya.  Jadi, pengangguran lebih tepatnya.  Berat ya nulis “saya masih pengangguran”.  Tapi, ini proses hidup.  Gga semua orang bisa merasakan pahit dan saya bertahan merasakan pahit, belajar merasakan pahit.  Hidup pahit itu penting karena hidup manis itu mudah dijalani, dan kalau saya jatuh ke pahit lagi setelah manis… saya siap, saya sudah tahu ramuan tepatnya.

Kondisi selepas wisuda september 2013 saya hanya seorang biasa yang bergelar S.Si.  “Ijazah hanyalah selembar kertas, namun karakter adalah apa yang akan dibawa seseorang hingga mati, dan akan dikenang oleh orang lain”, begitu kata Rektor ITB (Jaman Belanda saat itu) kepada Ir. Soekarno.  Memiliki karakter yang baik adalah hal penting yang perlu dibangun dan dijaga.  So, eitttssss… walau saya pengangguran (bukan pegawai/bukan karyawan/tidak memiliki boss), saya masih jadi wiraswasta.

Usaha yang saya jalani sekarang adalah syif@computer yang memberikan jasa pemrograman komputer, desain web, dan instalasi jaringan.  Disini saya sebagai Assistant Manager, tugasku mewakili Manager untuk menemui mitra kami dalam pemesanan/permintaan.  Tugas alternatif : desain grafis, coding program, instalasi perangkat, dan check up maintance.  Kami belum mampu mempekerjakan orang lain untuk berlisensi dengan nama ini.  Namun, jika banyak proyek masuk kami dapat memberikan proyek tersebut kepada kerabat dekat kami.  Setidaknya kami dapat memberikan peluang usaha untuk orang lain.  Selengkapnya tentang kami ada di blog syifacomputer.wordpress.com .  Merintis usaha ini dari tahun 2010, tak ada yang instan.  Alhamdulillah usaha kami sudah sampai menyentuh luar pulau.  Papua dan Jawa.  Dari BUMN, BUMD, Kantor Dinas, PT Tbk, CV, maupun sekolah-sekolah sudah menjadi mitra kami.

Usaha kedua, saya diangkat menjadi Bendahara I (Utama) Karang Taruna Desa Raman Aji.  Disini kami bekerja menjadi penggerak kekuatan pemuda di desaku.  Setiap ada proyek yang datang dari Pemerintah maka alokasi pemuda akan kami maksimalkan untuk meningkatkan pendapatan pemuda di desa kami.  Sebagian kami masukan ke khas, sebagian lagi menjadi hak semangat bekerja keras pemuda-pemuda.  Usaha yang kami bangun yaitu penjualan subsidi Gas, subsidi Pupuk Pertanian, tenaga kuli, benih tanaman, dan sponsor pagelaran seni/olahraga.

Usaha ketiga, saya membantu kakak membangun peternakan : Ayam Petelur.  Total Ayam 204 ekor ayam petelur.  Mulai usaha bulan November 2013, dan alhamdulillah sekarang sudah mulai aktif bertelur.  Jadi, kecukupan gizi keluarga insyaAlloh tercukupi.  Aamiin.

So, I still get good income even I don’t have a boss.  Alhamdulillah.  Life is a way to us for doing hard, to be a hard worker.  Even I am not stronger enough, but I am sure that I can pass this step to get closer with high entrepreneurship level.  Aamiin.  It isn’t easy like flip-flap a hand.  Hard life …. wouuu.

Kalau kalut, tinggal selaraskan otak kanan dengan kiri dengan yang satu ini.

Foto :  Strumming Guitar

image

F#minor

Pertanyaanku, Kapan?  Kapan saya pantas memainkan lagu itu di gitar? Nadya Fatira – A New World

Pengalaman tes kerja.
Auditor BRI – Kandas di Wawancara akhir dg direksi.
Jamsostek – Kandas di Wawancara akhir
BPS – bentrok jadwal
Ganesha Operation – Kecocokan kontrak dan gaji.

Sekarang sedang seleksi.
BTPN – psikotes awal (skip kemungkinan)
BRI – Wawancara direksi kantor cabang Metro
BJB – Medical Check Up

“Nanti kalau aku mentok gga jadi analis, aku pengen jadi guru.  Jadi, mimpiku akan tetap hidup melalui muridku” (Budi, 2014).

Menurutmu bagaimana?

