Simulasi Sistem Antrian


I.  PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Universitas Lampung (Unila) telah berkomitmen untuk melakukan transformasi Unila melalui pelayanan prima berbasis ISO 9001:2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan selaras dengan Rencana Strategis (Renstra) Unila dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Unila priode 2011-2015 tentang Penguatan Pelayanan (Strengthening Capacity of Services) demi terwujud Unila yang dicita-citakan menjadi perguruan tinggi sepuluh besar di Indonesia.  Hal tersebut telah dideklarasikan pada upacara Hari Ulang Tahun NKRI ke-68 di lapangan sepak bola Unila.  Dengan demikian, Unila harus mau dan mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap semua pemangku kepentingan termasuk di dalamnya yaitu mahasiswa.

Pelayanan prima mencakup banyak bagian dalam hal melayani kepentingan dan keperluan yang ada di Unila.  Namun dalam makalah ini, pemakalah membatasi masalah yang dibahas hanya pada sistem antrian daftar ulang masuk perguruan tinggi jalur SNMPTN yang dilakukan oleh Unila yaitu antara staf pelayanan dan mahasiswa baru jalur SNMPTN.

Pentingnya sistem antrian tentu menjadi hal yang penting untuk memberikan pelayanan terbaik oleh Unila bagi mahasiswa baru yang hendak melakukan daftar ulang.  Dimana sistem antrian yang baik akan memberikan kecepatan pelayanan, waktu tunggu yang singkat, kemudahan, kelancaran, dan tentu rasa puas atas layanan yang diberikan Unila.

Pada jalur SNMPTN 2013 seperti yang diberitakan pada media cetak Lampung Post, jumlah mahasiswa baru Unila 2013 meningkat dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut diperkirakan akan bertambah kembali pada tahun-tahun berikutnya menimbang adanya penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru Unila tahun 2014 (http://lampost.co/berita/peserta-snmptn-2013-membeludak). Kemudian, proses daftar ulang yang berjalan dalam waktu  singkat yaitu tiga hari dengan alokasi masing-masing empat jam per hari, lokasi yang sempit (di lantai dasar gedung rektorat Unila), dan banyaknya jumlah berkas yang perlu diperiksa akan menentukan lamanya waktu pemeriksaan. Oleh karena itu, kondisi tersebut perlu menjadi pertimbangan dalam perencanaan dan pelaksanakan Layanan Prima Unila karena mahasiswa baru yang hendak mendaftar ulang akan membuat antrian yang panjang jika tanpa adanya sistem antrian yang baik dan benar.

1.2  Tujuan

Adapun tujuan dari makalah ini adalah memberikan kritik dan gagasan untuk :

  1. Menciptakan sistem antrian yang rapi, terjadwal, cepat, mudah, dan memuaskan.
  2. Mewujudkan pelayanan prima Universitas Lampung.

1.3  Manfaat

Melalui makalah ini diharapkan memberikan tambahan pertimbangan kepada Tim Perencana Penerimaan Mahasiswa Baru Unila dalam pembuatan sistem antrian daftar ulang mahasiswa baru jalur SNMPTN tiap tahun di Universitas Lampung.

****

Makalah ini merupakan makalah yang saya sajikan pada penerimaan pegawai Jamsostek 2013 yang dilaksanakan di Universitas Lampung.  Apabila saya upload disini dalam bentu teks yang langsung dibaca akan terlalu panjang.  Juga equation yang tidak dapat terbaca.  Maka dari itu, saya unggah ke dalam file yang dapat Anda download melalui link berikut.  Download Makalah Simulasi Sistem Antrian

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s