Beswan’s Stories


Sejak 1984 Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa strata satu berprestasi tinggi.  Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun penerima program Djarum Beasiswa Plus atau yang kita kenal dengan Beswan Djarum juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau softskill guna menyiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.  Hal inilah yang membedakan Djarum Beasiswa Plus dengan program beasiswa lainnya.

Nation Building
Pelatihan pertama yang diperolah Beswan Djarum adalah Nation Building.  Sebuah softskill yang diberikan untuk menguatkan wawasan tentang makna hakikat bangsa dan kebangsaan guna mengokohkan keutuhan Indonesia.  Kegiatan ini meliputi cultural visit, talk show, dan diskusi kebangsaan, serta pagelaran kesenian.

Character Building
Setelah memiliki karakter kebangasaan, seluruh Beswan Djarum menjalani pelatihan Character BuildingSoft skill yang akan mengantarkan mereka menjadi pemimipin Indonesia yang berkarakter luhur.  Pada pelatihan ini para Beswan Djarum berproses menjadi pribadi yang dibekali 6 karakter dasar : keterpercayaan, tanggungjawab, hormat, kesetaraan, kepedulian, dan keluargaan.

Leadership Development
Selanjutnya jiwa kepemimpinan Beswan Djarum akan dipertajam pada pelatihan Leadership DevelopmentSoft skill yang akan menjadikan Beswan Djarum menjadi pemimpin yang visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi serta membawa pengikutnya menuju ke perubahan yang lebih baik.

Djarum Beasiswa Plus juga menyelenggarakan berbagai ajang kompetisi bagi Beswan Djarum.  Hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan serta merangsang keberanian mereka dalam menerima tantangan sehingga Beswan Djarum memiliki jiwa kompetitif yang sehat.

Ini dia, Competition Challenges.

Competition Challenges
Debate Competition yakni kompetisi yang menantang kemampuan Beswan Djarum dalam menyampaikan ide dengan benar, mempertahankan pendapat dengan tata krama, dan mengajarkan mereka untuk menghargai pendapat orang lain.

Writting Competition merupakan ajang pembelajaran bagi Beswan Djarum yang menekankan sisi intelektual.  Sebuah sarana untuk menuangkan gagasan sebagai suatu solusi yang ditawarkan dalam respon fenomena yang muncul di negeri ini.

Blog Competition adalah wahana untuk mengekspresikan kemampuan Beswan Djarum beserta alumni dalam menkomunikasikan ide dan pemikiran mereka pada suatu media digital yaitu blog.

Tidak hanya berhenti sampai disini.  Djarum Foundation juga menyuguh dan memberikan fasilitas kepada Beswan Djarum untuk terus berprestasi mengharumkan nama bangsa melalui berbagai kegiatan kompetisi berskala internasional.  Sebuah kebanggaan untuk ikut berperan menjunjung martabat negeri.

International Exposure
Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai keterampilan lunak yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar terhadap masalah sosial di lingkungan tempat mereka berada melalui program Community Empowerment.

Community Empowerment
Seluruh rangkaian perlatihan yang diberikan kepada Beswan Djarum tersebut dimaksudkan guna menyelerasikan antara pencapaian akademik atau hard skill dari perguruan tinggi dengan berbagai ketrampilan lunak atau soft skill dari program ini sehingga Beswan Djarum dikemudian hari menjadi pemimpin masa depan bangsa yang cakap secara intelegensia maupun emosional.  Keluarga dengan ikatan emosional luarbiasa dari seluruh penjuru nusantara merupakan aset berharga bagi setiap Beswan Djarum sebuah sinergi yang kuat untuk bersama-sama membangun bangsa dalam mewujudkan cita-cita luhur menjadi Indonesia yang Digdaya.

Iklan

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s