Go By #5 Penyerahan Skripsi


^^^^ ^^^^^^^ ^^^^^^ ^^^^^^ ^^^^
Sebelum baca lebih lanjut, Tolong berikan rating untuk artikel ini, sob.  Letaknya diatas.  Terimakasih sebelumnya ya.

Artikel ini untuk kawan-kawan tercintahHHHH, Geometri.  Matematika Unila 2009.   Ini pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa Jurusan Matematika Unila.  Jika sobat adalah mahasiswa di bidang, jurusan, fakultas, universitas lain.  Mungkin hanya sedikit persamaan atau hal baik untuk diambil, tetapi saya hanya mencoba berbagi pengalaman.  Jika sobat ingin memberikan komentar atau saran, saya sangat berterimakasih dengan membaca artikel ini.  Siapa tahu saya salah mengambil persepsi. :D

****

Kesempatan kali ini.  Playlist di winamp – pemutar mp3ku – masih sama dengan sebelumnya, ‘Nadya Fatira – a New World’.  Kemudian, saya add dua lagu yaitu, satu lagu diambil dari lagu lawas.  ‘Rida Sita Dewi – Langit Amat Indah’ dan ‘The Triangle – How Could You’ #ahaha lagu itu lagi.  Yap, ada tiga lagu di playlist dan diputar berulang-ulang sampai titik terakhir artikel ini.  Lagu ketiga, ‘agakanya bakalan ngrusak rasa – ngga singkron’. #loshhh.

Setelah sobat selesai dengan cetak dan burning skripsi, maka sobat mempunyai arsip berikut yang akan diserahkan.
1.  Jurusan : 1 Skripsi dan 1 CD untuk Ketua Jurusan Matematika (Pak Tiryono).
2.  Perpus U : 1 Skripsi dan 1 CD untuk Bu Erni di Ruang Penyerahan Skripsi.
3.  Fakultas : 1 Skripsi untuk Perpustakaan Fakultas. 1 CD untuk Kasubag Pendidikan (Bu Sartini).
4.  1 Skripsi untuk Dosen Pembimbing I.
5.  1 Skripsi untuk Dosen Pembimbing II.
6.  1 Skripsi untuk Dosen Pembahas.
7.  1 Skripsi untuk hak milik pribadi.

Berikut pengalaman menyebar skripsi saya:

Sebelum sobat mulai berangkat menyerahkan skripsi pastikan bahwa borang tanda terima sudah siap dalam map.  Ada dua borang dalam map tersebut, 1 borang dari jurusan (berwarna pink).  1 borang fakultas yang diambil di Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila.

1.  Jurusan Matematika: 1 Skripsi dan 1 CD untuk Ketua Jurusan Matematika (Pak Tiryono).
Lokasi :
– Jurusan Matematika FMIPA Unila

Ada baiknya, sebelum mulai meyerahkan skripsi, jauh-jauh hari sobat sudah memiliki jadwal mengajar Pak Tiryono, Dosen Pembimbing, dan Dosen Pembahas.  Karena, akan jadi masalah kalau ‘selip-selipan’ jam dengan beliau-beliau.  Saat kita ke kampus, beliau tidak ada.  Begitu pun sebaliknya.  Nomor HP beliau juga perlu dicatat untuk membuat janji menghadap/meyerahkan skripsi.

Setelah semuanya dalam posisi.  Skripsi bisa diserahkan, jangan lupa untuk minta tandatangan beliau diborang.
– 1 Skripsi dan 1 CD untuk Pak Tiryono (Ketua Jurusan).
– 1 Skripsi untuk Dosen Pembimbing I.
– 1 Skripsi untuk Dosen Pembimbing II.
– 1 Skripsi untuk Dosen Pembahas.
Jadi, pengalaman nomor (4), (5), dan (6) terangkum disini.

Borang dari fakultas hanya meminta tandatangan Ketua Jurusan, tidak untuk Dosen Pmbimbing dan Pembahas.  Sedangkan, untuk borang jurusan meminta semua tandatangan yang tersebut diatas.

Okke, beres.

2.  Perpus U : 1 Skripsi dan 1 CD untuk Bu Erni di Ruang Penyerahan Skripsi.
Lokasi :
– Ruang Penyerahan Skripsi di UPT Perpustakaan Unila dengan Bu Erni.

Sebelumnya sudah sedikit saya share untuk pengalaman ini.  Borang dari fakultas untuk Perpustakaan Unila yang ditandatangani Bu Erni setidaknya sudah ditandatangani minimal 1 orang dengan alasan yang sudah saya sampaikan di Go By #3 Berkas Asolole part2.

Untuk menghemat ruang penulisan #kaya.diabasi.aja  , silahakan baca di Go By #3 Berkas Asolole part2. Subjudul : ‘Surat Penyerahan Skripsi dari UPT Perpustakaan Unila.

3.  Fakultas : 1 Skripsi untuk Perpustakaan Fakultas. 1 CD untuk Kasubag Pendidikan (Bu Sartini).
Lokasi :
– Fotokopi.
– Bagian Tata Usaha Dekanat FMIPA dengan Pak Gani.
– Bagian Akademik Dekanat FMIPA dengan Bu Sartini.
– Perpustakaan Fakultas di Dekanat FMIPA Lt.3 dengan petugas.
– Sekretaris Dekan dan Pembantu Dekan dengan Pak Puji.

Sekarang, borang sudah ditandatangani oleh Ketua Jurusan, Dosen Pembimbing, Dosen Pembahas, dan UPT Perpustakaan Unila.  Njut lanjut, tahap ini dipilih menjadi bagian terakhir karena sekaligus minta tandatangan Pembantu Dekan I (Bu Dwi Asmi), jadi tidak perlu mondar-mandir dua kali ke Dekanat.

Pertama, ke Perpustakaan Fakultas.  Serahkan skripsi dengan petugas, sodorkan borang dari jurusan dan fakultas untuk diberi ‘paraf’.  Sebelum meminta paraf, sobat tulis terlebih dahulu di kolom baris Nama di samping Pembantu Dekan I dengan “Dra. Dwi Asmi, M.Si., Ph.D.”.

Kedua, ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila.  Serahkan 1 CD Burning untuk dicek sebentar oleh Kasubag Pendidikan, dan diterima oleh Kasubag Pendidikan (Bu Sartini).  Terkadang, Bu Sartini tidak ada ditempat karena harus mengajar di Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik, maka dari itu perlu juga untuk minta nomor telephon Bu Sartini.  Sobat bisa membuat permohonan cek CD burning melalui SMS/telpon dan meninggalkan berkas di meja beliau, kemudian bisa diambil keesokan harinya.  Jika sobat menyerahkan pagi hari, bada dzuhur biasanya sudah bisa diambil (sebelumnya sudah konfirmasi ke beliau).  Hal tersebut yang saya lakukan karena pada saat itu, saya sulit untuk menghadap beliau, ‘selip-selipan’ jam.

Ketiga, temui Sekretaris Dekan dan Pembantu Dekan dengan Pak Puji.  Serahkkan borang fakultas dan jurusan untuk disahkan.  Kurang dari 5 menit, beres.

Keempat, ke fotokopi.  Fotokopi minimal 5 rangkap borang dari fakultas.

Kelima, ke Bagian Tata Usaha Dekanat FMIPA Unila.  Bawa borang penyerahan skripsi dari fakultas yang asli dan fotokopinya untuk dicap oleh Pak Gani.  Jangan lewat dari pukul15.00 WIB.  Karena Pak Gani sudah pulang dan loker cap sudah beliau kunci, sehingga pegawai lain tidak bisa membantu untuk memberikan cap.  #capnya ada di loker Pak Gani.

***

Borang tersebut ini akan digunakan untuk mengurus SKL (Surat Keterangan Lulus) dan Form Wisuda.  Okke.  Demikian, cerita ‘guweh’.  Semoga bermanfaat.  Semoga sobat tidak tersesat keesokan hari.  #cemungud untuk ngggggarap si biru laut.

Terimakasih sudah membaca sampai sudut ini (sudut ini).  Ikuti, nadanya…. Masih muter lagu yang sama kan….  Sekarang saya sedang mendengarkan Lagu ‘Rida Sita Dewi – Langit Amat Indah’, passs closing-nya….

Hidup amat indah* …

Iklan

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s