Go By #4 Cetak Skripsi


^^^^ ^^^^^^^ ^^^^^^ ^^^^^^ ^^^^
Sebelum baca lebih lanjut, Tolong berikan rating untuk artikel ini, sob.  Letaknya diatas.  Terimakasih sebelumnya ya.

Artikel ini untuk kawan-kawan tercintahHHHH, Geometri.  Matematika Unila 2009.   Ini pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa Jurusan Matematika Unila.  Jika sobat adalah mahasiswa di bidang, jurusan, fakultas, universitas lain.  Mungkin hanya sedikit persamaan atau hal baik untuk diambil, tetapi saya hanya mencoba berbagi pengalaman.  Jika sobat ingin memberikan komentar atau saran, saya sangat berterimakasih dengan membaca artikel ini.  Siapa tahu saya salah mengambil persepsi. :D

****

Ini goresan ingatan dalam kepala.  Sanurnya biasa.  DAN, Artikel berikut ini saya gerayangi dengan mantra-mantra kutukan.  Jadi, sebelum membaca artikel pengalaman saya ini.  Sobat harus penuhi syarat-syaratnya agar terbebas dari kutukan-kutukan yang saya ucap penuh magis.

Syarat membaca artikel ini :  1.  Harus senyum.  2.  Duduk manis.  3.  Lupakan keluh kesah.  Dah, itu doang.  Karena, “Siapa pun kamu, kamu berhak untuk bahagia.  Bahagia di duniamu.  Bahagia dengan senyum dan cara sederhanamu.” (Anonim).

Saya mulai artikel ini dengan penyamaan suasana.  Saat saya menulis artikel ini, saya sedang memutar lagu berikut.  ‘Nadya Fatira – a new world’, satu lagu.. sampai selesainya artikel ini.  Katanya brohhh…..  kalau menulis sambil mendengarkan lagu, maka emosi penulis akan terbawa ketukan dan perubahan teratur nada sehingga pembaca juga perlu ketukan dan impresi yang sama saat membaca.  Maksudnya, agar sama-sama menikmati alur ceritanya.

Okke.  Saya mulai cerita menyesatkan ini.  Saya yang tersesat, dan semoga pembaca yang guanteng dan cuaantiek😛 (:ngapusi) tidak ikut tersesat setelah membaca artikel ini.

To the point.  Catak skripsi dilakukan setelah sobat mendapat acc cetak skripsi dari Dosen Pembimbing I.   Acc cetak skripsi sendiri tentunya setelah selesai sidang skripsi.  Jadi, setelah sidang skripsi, sobat akan merevisi beberapa kesalahan yang dinyatakan salah oleh Dosen Pembimbing I dan kawan-kawannya.

Cetak skripsi, kurang lebih sama dengan cetak laporan kerja praktik.  Namun, yang lebih saya share disini adalah pengalaman menyebar skripsi.  Karena, prosesnya yang banyak kendala teknis dan tak tertulis secara formal dalam borang.

kamu yang lagi baca ini, sudah pernah ‘nyoba’ sebar skripsi belum ya? “ #nerawang.sok_kenal.

Scene 1 : Cetak “si biru laut” Skripsi

 Lokasi :
– Percetakan Universitas Lampung (Belakang UPT Perpustakaan Unila)

Make up, Okke.  Cahaya, Okke.  Camera, Okke.  Action…

Pertama, setelah draft skripsi mendapatkan acc dari Dosen Pembimbing I maka dapat dinyatakan bahwa draft itu adalah draft utama.  Kemudian, cetak/print out minimal 7 skripsi sesuai draft utama.  Untuk print out, terserah sobat.  Boleh print out sendiri sebanyak 7 cetak.  Boleh print out sendiri 1 cetak kemudian difotokopi sampai berjumlah 7 skripsi.  Boleh ‘nitip’ print out dipercetakan sekaligus dijilid.  Saran saya, lebih baik print out sendiri 7 cetak.  Kalau difotokopi khawatir akan ada debu fotokopi (bercak hitam – kan, ini karya monumentalmu, masa mau kotor).  Kalau nitip di percetakan berarti siap tambah dana lebih (coba saja hitung sendiri jika dibandingkan dengan print out sendiri).  Layaknya kejaiban dunia yang ada 7 dan tersebar dipenjuru dunia.  Maka, karya monumentalmu yang berjumlah 7 akan disebar kepada :  #jangan disebar, tetapi diserahkan…

1.  Dosen Pembimbing I
2.  Dosen Pembimbing II
3.  Dosen Pembahas
4.  Ketua Jurusan Matematika
5.  Perpustakaan Fakultas MIPA
6.  Perpustakaan Universitas
7.  Perpustakaan Pribadi.
8*.  Mertua  #jyahaha.  Sori-sori.

Kedua, Tentukan lokasi cetak/jilid skripsi, terserah dimana saja.  Saran saya, lebih baik pilih percetakan disekitar kampus Unila saja karena ‘biasanya’ mereka paham dengan format/aturan penulisan dan penjilidan skripsi Unila.  Saran level 2, sobat bisa cetak di Percetakan Universitas Lampung (Belakang UPT Perpustakaan Unila) yang harganya relatif murah yaitu Rp16.000/jilid (dipercetakan sekitar kampus Rp23.000/jilid).  Disini 2 hari jadi.  Sepi (tetapi, kalau nantinya sobat berduyun-duyun kesini, ya ramai jadinya).  Di percetakan ini hasilnya tidak semewah di percetakan sekitar kampus karena tidak menggunakan efek timbul, tinta emas, banyak siku emas dan contohnya bisa dilihat pada skripsi saya di Perpustakaan Fakultas (Dekanat FMIPA Unila Lt.3).  Mungkin sebab itu harganya lebih murah (Oooo…jyahahaha… endingnya sama saja).  Tetapi, jangan khawatir…. secara formal, hasil penjilidan dan penyusunannya memenuhi kaidah cetak skripsi, Skripsi Sah.  Kalau sobat ‘buru-buru’ mengejar wisuda, disini okke karena sepi sehingga 2 hari bisa jadi, paling cepat sehari jadi.  Di tempat lain biasanya ramai karena banyak order lain sehingga lebih dari 2 hari baru bisa diambil.

Ketiga.  cie..cie..cie, yang sudah bawa skripsi.  Ea ea ea, selamat ya.  Sekarang skripsi sudah bisa diambil dan dibawa, siap untuk disebar #sebar dijalan.  Dan, saya mau tanya sebentar ke sobat.  Sudah difoto belum skripsinya ?, sambil senyum mata berbinar.  “Si Biru Laut” sudah diupload ke facebook belum?  Sudah foto bareng skripsinya belum ?  #suka-suka.  Ini tahap suka-suka sobat, karena esok hari mungkin sudah tidak bersama si biru laut karena terpaksa disebar, #sebar dihutan  :D

Scene 2 : Burning CD

Ampun dah, bagian ini yang kebanyakan mahasiswa tidak tahu.  Dari tulisan ini, saya berharap bahwa mahasiswa yang menyerahkan skripsi ke bagian Perpustakaan Unila (Perpus U) cukup sekali mengunjungi ruangan ini.  Artinya, skripsi sobat diterima dengan format CD Burning yang benar.  Kebanyakan mahasiswa mengalami kesalahan pada Burning CD dan harus pulang tanpa tandatangan.  #pentingnya.tandatangan.com

CD Burning boleh menggunakan hardware berikut : CD-R, CD-RW, DVD-R, atau DVD-RW dengan cover seperti berikut ini:

cd coVER

Untuk cover ini, sobat bisa edit sendiri kemudian print sendiri.  Atau, ke percetakan/rental komputer Aleaf dibelakang Masjid Al Wasi’I Unila.  Mungkin, percetakan lain disekitar Unila juga punya format ini.  Secara resmi, format ini ada didepan Ruang Penyerahan Skripsi di UPT Perpustakaan Universitas Lampung.

Ini dia, Format Cd Burning.

CD BURNING diberi nama : “Nama Mahasiswa (NPM)”. Di dalam CD burning berisi.

DEPAN (Folder baru)
1. Abstrak
2. Cover Dalam
3. Halaman Persetujuan
4. Halaman Pengesahan
5. Pernyataan
6. Riwayat Hidup
7. Persembahan
8. Motto
9. Sanwacana
10. Daftar Isi
11. Daftar Table
12. Daftar Lampiran
13. Daftar Gambar

ISI (Folder Baru) :
1. BAB I
2. BAB II
3. BAB III
4. BAB IV
5. BAB V
6. BAB VI (kalau ada)
7. BAB VIII (BAB _ romawi dan seterusnya jika ada.  BAB IX, BAB X, BAB XI dst).
8. Daftar Pustaka

LAMPIRAN (Folder Baru)
1. Semua Lampiran.

Keterangan :
– Masing-masing daftar yang diberikan kemudian dibuat satu file dengan format pdf.
– Susunan file mengisi folder sesuai dengan nama yang tertera diatas.

Tampilan :

CD Burning format

Banyaknya CD burning yaitu 3 Keping dan masing-masing 1 keping diberikan kepada:
1. Jurusan Matematika kepada Kajur (Pak Tiryono).
2. Kepala Subbagian Pendidikan kepada Bu Sartini.
3. Perpustakaan Unila di Ruang Baca kepada Bu Erni.

Owkeh, agar tidak tersesat.  Pelajari cerita sesat saya.

Untuk file :

3. Halaman Persetujuan.pdf
4. Halaman Pengesahan.pdf

Berupa hasil scanning yang sudah ditandatangaani dan dicap oleh semua Tim Penguji, Pengesah (Dekan).

5. Pernyataan.pdf
Berupa hasil scanning yang sudah ditandatangani oleh penulis diatas materai Rp6000.  Pernyataan berupa surat yang menyatakan bahwa skripsi bukan plagiat.  Surat pernyataan ini tidak tercantum pada Format Penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung sehingga sobat bisa melihat aturan penulisaannya pada skripsi Roza Zelvia (mbak Ozza_matem2007) di Perpustakaan Fakultas MIPA Dekanat Lt.3.

Kalau sobat cek skripsi yang ada di perpustakaan fakultas, sebagian ada yang menggunakan Surat Pernyataan dan ada yang tidak.  Kenapa?  Karena kebanyakan mahasiswa mengalami kesalahan dalam penyusunan skripsi di bagian surat pernyataaan.  Kebanyakan mahasiswa mengikuti panduan penulisan Karya Ilmiah Universitas Lampung yang tidak mencantumkan Surat Pernyataan, sedangkan ketika penyerahan skripsi di Perpustakaan Universitas diminta mencantumkan surat Pernyataan.  Sehingga, mahasiswa terpaksa membongkar dan menjilid ulang skripsi untuk memasukan Surat Pernyataan sebagai salah satu halaman di dalam skripsi.  Oleh karena itu, tidak semua mahasiswa membongkar skripsinya dan hanya membongkar satu skripsi untuk diimbuhkan Surat Pernyataan kemudian diserahkan ke Perpustakaan Universitas dan skripsi yang lain tidak terdapat Surat Pernyataan.  Sebaiknya, Surat Pernyataan ini ada disemua skripsi dan sudah dicantumkan sebelum jilid skripsi.

Berikut teks Surat Pernyataan:

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan bahwa skripsi saya yang berjudul “TEOREMA JACOBSON DENSITY” merupakan hasil karya saya sendiri dan bukan hasil karya orang lain.  Semua hasil yang tertuang dalam skripsi ini telah mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah Univeristas Lampung.  Apabila dikemudian hari terbukti bahwa skripsi ini merupakan hasil salinan atau dibuat oleh orang lain, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan ketentuan akademik yang berlaku.

Bandar Lampung, 5 Juni 2013
Penulis

(tandatangan bermaterai Rp6000)

Budi Santoso
NPM. 0917031024

– – – – – – – – – –

Kemudian, jika dalam skripsi sobat tidak terdapat Lampiran, maka tidak perlu diimbuhkan folder LAMPIRAN di dalam CD Burning
**************

Sip.  Dah, itu pengalaman saya, sob.  Saya kira itu saja yang perlu saya sampaikan.  Masih mendengarkan lagu yang sama kan dengan saya?  Nyanyi bareng nyokkk…..
“hu…. Hu… hu…. Uuuuu…. Huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu….”  #ahahaa.  Yoyoy, terimakasih sudah membaca sampai titik ini.  (titik ini).  Berikutnya Go By #5 Penyerahan Skripsi.

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s