Go By #3 Berkas Asolole part2


^^^^Sebelum baca lebih lanjut, Tolong berikan rating untuk artikel ini, sob.  Letaknya diatas.  Terimakasih sebelumnya ya. ^^^

Artikel ini untuk kawan-kawan tercintahHHHH, Geometri.  Matematika Unila 2009.   Ini pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa Jurusan Matematika Unila.  Jika sobat adalah mahasiswa dibidang, jurusan, fakultas, universitas lain.  Mungkin sedikit persamaan atau hal baik untuk diambil, tetapi saya hanya mencoba berbagi pengalaman.  Jika sobat ingin memberikan komentar atau saran, saya sangat berterimakasih dengan membaca artikel ini.  Siapa tahu saya salah mengambil persepsi. :D

Iklan lewat…

< Neng, suka jus apa? >

 “Jus strawbery, bang”

 < ih, jus strawbery… >

 “Emang kenape bang ?”

 < Enakan juga jus abang >

 “Emang abang suka jus apa ?”

 < Just Wanna saya I lophe You >

#STOP.  Ganti channel.  Skripsi ‘loe’ tuh kelarin, jangan nonton iklan muluk.  Masa, kaya hati aye ke kamuh… cinta ngga kelar-kelar.  #etdah.

Okke, sob.  Kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman sesat saat mengurus berkas wisuda.  Masih tentang yang ribet.  #asolole😀

Sebelumnya, kita sudah minum kopi bareng untuk membahas :

  1. Print Out Biodata On Line (terdiri atas : data Mhs, data Pribadi, data Skripsi) yang telah diisi dgn benar, lengkap & up load foto hitam putih (3×4) cm setelah di Validasi Fakultas. (1 lbr)
  2. Foto Hitam Putih ( 3 x 4) cm tempel pada tempat yang telah disediakan berlaku baik untuk Tingkat Universitas maupun Fakultas (diatas foto, tulis : Nama, NPM, Fak/ Prodi) (3 lbr- an )
  3. KTM (Asli)
  4. F.Copy  Ijazah terakhir (1 lbr)
  5. SPP Asli /F.Copy yang telah dilegalisir Pb. Dekan II dari Smt I s.d. terakhir (1 set)

Jadi, berikutnya.  Saya akan bercerita tentang:

  1. Bukti Pembayaran Wisuda (1 lbr)
  2. Nilai EPT minimal 450 yang telah dilegalisir Pusat Bahasa Unila (1 lbr)
  3. Surat Keterangan Bebas Pinjaman dari Perpustakaan Unila (Asli)
  4. Surat Bukti Penyerahan Skripsi dari Perpustakaan Unila (Asli)
  5. Judul Skripsi yang disetujui dan ditandatangani oleh Komisi Pembimbing dan Kajur/Ka Prodi (1 lbr)
  6. F.C. Pengesahan Skripsi (1 lbr)
  7. Transkrip Nilai Matahari (2 lbr)
  8. Surat Pernyataan Tata Tertib Upacara Wisuda diatas materai Rp 6.000,- (1 lbr)

Sesuai urutan.

 6.  Bukti Pembayaran Wisuda (1 lbr)

Lokasi :

– Bank BNI dengan Teler.

– Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri.

Ada dua pemabyaran, namun hanya satu transaksi.  1.  Biaya wisuda.  2.  Iuran alumni.  No.Rek tercantum pada aturan yang didownload dari baak,unila,ac,id,.  Prosesnya sama persis seperti membayar SPP di Bank BNI (Cabang Unila).  Bedanya, pertama print out ‘lembar bukti pembayaran wisuda”. (Hasil download dari baak) kemudian isikan sesuai biodata diri yang tertera, potong menjadi 2 sesuai tanda dan bawa ke loket pembayaran di bagian belakang BNI cabang Unila.  1 lembar berisi 2 tanda bukti.  Jadi, 1 untuk pegawai bank dan 1 lagi untuk kita simpan.
Kemudian dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA.

7.  Nilai EPT minimal 450 yang telah dilegalisir Pusat Bahasa Unila (1 lbr)

Lokasi :

– Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri dan Bu Sartini [1].

– Bagian Tata Usaha Dekanat FMIPA Unila [2].

– Ruang pendaftaran tes dan atau kursus intensif TOEFL di Pusat Bahasa Unila [3].

Pelaksanaan tes TOEFL:

Pertama, Mengurus Surat Pengantar mengikuti tes TOEFL.  Di Bagian Akademik, minta surat pengantar dari Pak Badri.  Kemudian, Isi surat pengantar.  Selanjutnya minta tandatangan Bu Sartini.  Setelah itu fotokopi surat pengantar yang sudah ditandatangani.  Saran saya fotokopi minimal 5 rangkap untuk jaga-jaga jika tes ke-1 tidak lulus (pengalaman #BANGETDZ) sehingga tidak perlu membuat surat pengantar lagi.  Terakhir, minta nomor surat dan cap di Bagian Tata Usaha.

Kedua, mendaftar tes atau kursus intensif di lokasi [3].  Oyeah.  SELAMAT, kamu punya surat pengantar.  Di ujung kanan atas Surat Pengantar tulis tgl lahir dan tes TOEFL ke- ?. Contoh:  Punya saya. “12-01-1990.  Tes ke-6”. #sssttt.  Rahasia.  Jyahahahaha.  Siapkan biaya administrasi Rp20.000,-.  Dah, silahkan daftar.  Dapat Kwitansi pembayaran dan disimpan.  (titik).  Peluang pendaftar yang ingin masuk Lab A usahakan daftar hari senin pagi atau jumat.  Lab B daftar hari selasa.  Hindari Lab C, sobbbb….  speakernya pecah, suara kurang jernih.  Lebih untung kalau masuk Lab D.

Ketiga, Tes.  Tes TOEFL dilaksanakan setiap setiap hari kamis (jika tidak libur).  Kalau libur, tes jadi hari rabu.  Masuk ruangan pukul 08.30 WIB, jadi diminta hadir di lokasi [3] pukul 08.00 WIB.  Siapkan pensil yang runcing dan penghapus.  Siapkan KTM untuk masuk ke ruangan.  Jangan lupa bawa kwitansi pembayaran (tidak diminta, tetapi buat jaga-jaga).

Keempat, Ambil hasil test di lokasi [3].  “Hasil bisa diambil paling cepat hari kamis depan”, kata petugas pelaksana tes.  Saya sampai hafal benar intonasinya.  Bahkan perintah dan laranganya sampai hafal.  #efekNGGAlulusTOEFL.  Serrrrrrrrrrrr…………  :D  Jika sobat lulus tes, maka ada mesin fotokopi yang siap diruangan untuk langsung menyelesaikan proses legalisir sertifikat.  Biaya administrasi Rp5.000,-.

Berkas aman, kemudian siap dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA.

8.  Surat Keterangan Bebas Pinjaman dari Perpustakaan Unila (Asli)

Lokasi :

– UPT Perpustakaan Unila (Ruang baca).

Usahakan datang pagi ke lokasi agar siangnya Surat Keterangan bisa diambil.  Biaya adminstrasi Rp5.000,-.  Kalau sudah lewat bada Dzuhur biasanya bisa diambil keesokan harinya.  Surat Keterangan ini paling anteng urusannya.

Fakultas juga meminta persyaratan Surat Keterangan bebas Perpus Fakultas.  Caranya langsung ke Perpus Fakultas di Dekanat Lt.3.  Siapkan buku ilmiah atau diganti sumbangan Rp15.000,- untuk bakti alumni.  Sstttt… set set.  Berkas aman, kemudian siap dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA.

9.  Surat Bukti Penyerahan Skripsi dari Perpustakaan Unila (Asli)

Lokasi :

– Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri.

– UPT Perpustakaan Unila (Ruang Penyerahan Skripsi) dengan Bu Erni Fitriani.

– Gedung Matematika dengan Kajur (Pak Tiryono).

Cetak Skripsi bisa dicek di Go By #4 Cetak Skripsi.  Ehehe, karna panjang cerita, sob.  Banyak pengalaman disitu.  Termasuk bet ribet, #asololeeeee….😀

Siapkan 2 CD Burning dan 2 skripsi.  Pertama, minta borang Penyerahan Skripsi ke Bagian Akademik.  Tis gratis.  Kemudian, bawa ke Gedung Matematika untuk penyerahan pertama ke Kajur, minta tandatangan Pak Tiryono (Penyerahan Skripsi + CD Burning, guna akreditasi).

Selanjutnya, menuju UPT Perpustakaan di Ruang Penyerahan Skripsi.  Kalau sedang antre, minta nomor antrian.  Kalau lagi sepi, langsung saja masuk ke ruangan.  Tengok sebelah kiri, itu meja penyerahan skripsi dengan Bu Erni.  Pertama, akan dicek isi CD burning apakah sudah sesuai format dan susunannya.  Kalau sudah fiks, skripsi diterima dan sobat akan mendapatkan bukti penyerahan skripsi dari UPT Perpus dengan adminsitrasi Rp2.000,-.  Eits, jangan lupa.  Sodorkan borang Penyerahan Skripsi yang kita minta di Bagian Akademik Fakultas.  Kata Bu Erni, “Kalau borangnnya masih kosong, saya tidak mau tandatangan.  Saya tidak mau jadi orang pertama.  Khawatir belum dicek atau sah oleh pihak jurusan atau fakultas.  Unila lagi kena sorot lho !”.  ehehe.  Alasan masuk akal.  Maka dari itu, borang dari fakultas setidaknya sudah sobat isi dengan tandatangan Kajur atau PD I untuk meyakinkan Bu Erni.

Hufff…. Lega.  Penyerahan skripsi agaknya mudah ya.  Tapi, ribet kalau belum pernah coba.  (Emang kapan pernah nyobanya OMM, baru juga pertama kali).  #ngoahaha.  Terimakasih Bu Erni.

10.  Judul Skripsi yang disetujui dan ditandatangani oleh Komisi Pembimbing dan Kajur/Ka Prodi (1 lbr)

 Lokasi :

Di rumah okke, di kampus okke.

Bentuknya scan-an dari Halaman Persetujuan Skripsi.  Jadi, sobat bisa scan-dimana saja.  Scan difotokopian sekarang sekitar Rp500.  Yang punya, kamera 5-8 MP.  Dah, foto saja dengan kamera.  Kasih shadow/highlights di Photoshop.  Wesss, josss.  Jadi.  Yang punya scan, ngga ribet lah yho.  Sekalian nitip scan hati aQyuhhHh….  #ieah….  ogah, Mualessss.   :(

 11.  F.C. Pengesahan Skripsi (1 lbr)

 Lokasi :

Di rumah okke, di kampus okke.

Bentuknya scan-an dari Halaman Pengesahan Skripsi.  Jadi, sobat bisa scan-dimana saja.  Scan difotokopian sekarang sekitar Rp500.  Yang punya, kamera 5-8 MP.  Dah, foto saja dengan kamera.  Kasih shadow/highlights di Photoshop.  Wesss, josss.  Jadi.  Yang punya scan, ngga ribet lah yho.  Sekalian nitip scan hati aQyuhhHh….  #uwegk.  :O

 12.  Transkrip Nilai Matahari (2 lbr)

 Lokasi : Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri

Prosesnya sama persis seperti cetak KRS, KHS, TRANSKIP.  Bedanya harus menyertakan fotokopi Berita Acara Sidang Skripsi dan Ijazah SMA-sederajat.

13.  Surat Pernyataan Tata Tertib Upacara Wisuda diatas materai Rp 6.000,- (1 lbr)

Lokasi :  Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri.

Siapkan materai Rp6000 dan harganya sekitar Rp7.500,-.  Beli materai jangan cuma satu, sekalian untuk Surat Pernyataan tidak plagiat di Skripsi.  Surat Pernyataan tidak plagiat saya share di Go By #4 Cetak Skripsi.

Surat Pernyataan Tata Tertib Upacara Wisuda didapat dari download di baak,unila,ac,id,.  Sobat print sendiri, tempel materai, dan tandatangani, serta beres sudah.

Berkas aman, kemudian siap dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA.

Owkeh, sob.  Itu tadi pengalaman saya.  Kalau ada salah kata.  Salah bahasa.  Salah gombal juga, maaf ya.  Sekedar share.  Semoga bermanfaat.  Tuk ngantuk, brohh….  Nonton berita bola tadi, broh.  Katanya Neymar ke Barcelona ya? Garreth Bale ke Madrid?  Terus, Rooney jadi ke PSG?  Tapi, agaknya hati aku ngga pindah-pindah deh dari hati kamyuHHHH…  batu-kertas #gunting_peace.

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s