Go By #2 Berkas Asolole part1


^^^^ Sebelum baca lebih lanjut, Tolong berikan rating untuk artikel ini, sob.  Letaknya diatas.  Terimakasih sebelumnya ya.^^^

Artikel ini untuk kawan-kawan tercintahHHHH, Geometri.  Matematika Unila 2009.   Ini pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa Jurusan Matematika Unila.  Jika sobat adalah mahasiswa dibidang, jurusan, fakultas, universitas lain.  Mungkin sedikit persamaan atau hal baik untuk diambil, tetapi saya hanya mencoba berbagi pengalaman.  Jika sobat ingin memberikan komentar atau saran, saya sangat berterimakasih dengan membaca artikel ini.  Siapa tahu saya salah mengambil persepsi. :D

Ibarat pesawat terbang yang hendak landing.  Jalan sudah terlihat, tetapi harus keliling-keliling ngga jelas diangkasa.

“Sori-sori, jangan lewat situ, lewat sini, lewat sono, lewat sene, sunu sono sana sini sene”.  #ngoahahaha.

Sekedar intro untuk artikel satu ini.  Mual-mual, bro.  Mengibaratkan mengurus berkas wisuda, yang harusnya lewat  jalur yang sudah tertulis.  Eh, ternyata eh ternyata.  Ada tinta tak terlihat dikertas.  Mengurus berkas itu seperti membaca peta harta karun, muter-muter.  Kadang juga nyasar kalau belum ada pengalaman.  Mual-mual dalam perjalanan, dah.

Syarat Wisuda yaitu :

  1. Print Out Biodata On Line (terdiri atas : data Mhs, data Pribadi, data Skripsi) yang telah diisi dgn benar, lengkap & up load foto hitam putih (3×4) cm setelah di Validasi Fakultas. (1 lbr)
  2. Foto Hitam Putih ( 3 x 4) cm tempel pada tempat yang telah disediakan berlaku baik untuk Tingkat Universitas maupun Fakultas (diatas foto, tulis : Nama, NPM, Fak/ Prodi) (3 lbr- an )
  3. KTM (Asli)
  4. F.Copy  Ijazah terakhir (1 lbr)
  5. SPP Asli /F.Copy yang telah dilegalisir Pb. Dekan II dari Smt I s.d. terakhir (1 set)
  6. Bukti Pembayaran Wisuda (1 lbr)
  7. Nilai EPT minimal 450 yang telah dilegalisir Pusat Bahasa Unila (1 lbr)
  8. Surat Keterangan Bebas Pinjaman dari Perpustakaan Unila (Asli)
  9. Surat Bukti Penyerahan Skripsi dari Perpustakaan Unila (Asli)
  10. Judul Skripsi yang disetujui dan ditandatangani oleh Komisi Pembimbing dan Kajur/Ka Prodi (1 lbr)
  11. F.C. Pengesahan Skripsi (1 lbr)
  12. Transkrip Nilai Matahari (2 lbr)
  13. Surat Pernyataan Tata Tertib Upacara Wisuda diatas materai Rp 6.000,- (1 lbr)

Kesempatan kali ini, inyong akan berbagi pengalaman dengan sobat.  Per pasal Rp20.000,-  #jyahaha.

Sebelumnya, silahkan download TENTANG PENYELENGGARAAN WISUDA di website http:\\baak,unila,ac,id, (ganti koma dengan titik) untuk mendapatkan beberapa borang untuk kelengkapan berkas wisuda, seperti Form Biodata Diri, Kolom Foto, Surat Pernyataan Tata Tertib Wisuda, dsb.

1. Print Out Biodata On Line (terdiri atas : data Mhs, data Pribadi, data Skripsi) yang telah diisi dgn benar, lengkap & up load foto hitam putih (3×4) cm setelah di Validasi Fakultas. (1 lbr)

Lokasi : Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri.

Syarat yang satu ini akan sobat penuhi setelah semua berkas yang lain selesai.  Sebagian data akan diisikan oleh pihak dekanat.  Sobat mendiktekan biodata dan data skripsi.  Langsung di print oleh pihak dekanat selayaknya print KRS, KHS, atau Transkip.

2.  Foto Hitam Putih ( 3 x 4) cm tempel pada tempat yang telah disediakan berlaku baik untuk Tingkat Universitas maupun Fakultas (diatas foto, tulis : Nama, NPM, Fak/ Prodi) (3 lbr- an )

Lokasi : Bagian Akademik Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Badri.

Foto print sendiri.  Kemudian dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke lokasi.

3.  KTM (Asli)

Lokasi : Dekanat FMIPA Unila dengan (lupa nama)

– Bagian Kemahasiswaan

– Bagian Tata Usaha

KTM asli akan diminta, disita, dirampas secara suka rela oleh pihak Fakultas.  Jadi, setelah itu untuk masuk kolam renang Unila kite harus membayar Rp10.000,-.  Bukan, Rp5.000 lagi.  Jadi, hanya punya fotokopi KTM.

Untuk mengurus fotokopi KTM.  Fotokopi KTM lima rangkap.  Kemudian legalisir di Bagian Kemahsiswaan.  Berikan kepada ibu berjilbab ( lupa nama ) untuk diparaf, kemudian diberikan kepada bapak yang ada disebelahnya ( lupa nama ) untuk ditandatangani.  Terakhir, distempel di Bagian Tata Usaha.  #Ambigu ngga?  Ngga lhah, masuk saja ke lokasi dan sampaikan, “Bu, hendak legalisir KTM”.  Pasti paham kok, bro.

4.  F.Copy  Ijazah terakhir (1 lbr)

Lokasi :

– SMA/SMK masing-masing.

– Bagian Akademik Dekanat FMIPA

InsyaAlloh dah paham lhah yo.  Mengurus legalisir ijazah SMA.  Kemudian dikumpulkan beserta seluruh berkas yang lain ke Bagian Akademik Dekanat FMIPA.

6.  SPP Asli /F.Copy yang telah dilegalisir Pb. Dekan II dari Smt I s.d. terakhir (1 set)

Lokasi :

– Bank BNI dengan CSO ( Costumer Service O… )

– Bagian Tata Usaha Dekanat FMIPA Unila

– Bagian Keuangan dan Kepegawaian Dekanat FMIPA Unila dengan Pak Andhi

Ribet asolole.  #ehehe

Kalau sobat beruntung, fotokopi SPP akan diterima meski buram kemudian langsung ditandatangani.  Tetapi, berdasarkan pengalaman Om Afdi Patria, beliau tidak beruntung.  Karena, teks pada fotokopi buram (tidak terbaca karena yang asli juga sudah lusuh, teks hilang) sehingga pihak dekanat meminta cetak ulang SPP dengan teks yang jelas untuk difotokopi.  Dan, pihak dekanat juga tidak menerima bukti pembayaran/struk dari ATM.  Jadi, perlu ditukarkan ke Bank BNI untuk cetak struk dengan pengesahan pegawai bank.

Untuk sobat yang tidak beruntung.  #serrrrrr…..

Pertama, ke Bank BNI untuk melakukan cetak ulang struk SPP ke bagian CSO (Costumer Service O……. ).  Satu cetak ulang mengeluarkan administrasi Rp5.000,-.  Yang perlu dibawa, struk SPP yang teksnya hilang.  Yang perlu diingat, tanggal pembayaran SPP.  Jika tanggal pembayaran lupa/hilang, bisa dicek melalui siakad online.  Cetak ulang struk bisa diambil esok hari.  Kalau kenal pegawai bank-nya, emmm… mungkin bisa saat itu juga.

Kedua, bawa cetak ulang struk dengan bahagia ke fotokopian.  Masing-masing fotokopi 4 rangkap.  Difotokopi menjadi satu halaman utuh, jangan satu halaman (kertas A4) kemudian sisa yang kosong dipotong. Oh no.  Karena ruang kosong untuk tanda legalisir.

Ketiga, bawa fotokopi struk SPP dan aslinya dengan cara penyusunan struk semester 1 Asli dijepit dengan 4 fotokopiannya.  Struk asli semester 2 dijepit dengan 4 fotokopiannya. Struk asli semester 3 dijepit dengan 4 fotokopiannya. Dst.  Kemudian, masukkan dalam satu map.  (titik).  Saya tidak beruntung karena salah penyusunan.  Sebelumnya, saya susun dengan cara satu jepit dari semester 1 sampai semester 8, masing-masing 4 jepit.  Dan, SALAH.  #yeah.  Kalau mau coba cara saya dahulu silahkan.

Keempat, bawa map berisi susunan struk SPP ke bagian Tata Usaha untuk dicap legalisir.  Kemudian, minta tandatangan ke Pak Andhi di bagian Keuangan dan Kepegawaian.  Dah, beres.  #asolole.

Sori, sob.  ‘Tubi kontinuet’ ya tulisannya.

Iya, khawatir pembaca jenuh.  Pembaca juga perlu refresh suasana supaya memori penting lain tidak mudah lupa karena terlalu fokus.  Jadi, saya persilahkan untuk minum kopinya dahulu.  Kalau mau SMS mamah dulu juga okke.  Sambil refresh otot mata yang mantengin tulisan ini dari tadi.  Nanti dilanjut ke Go By #3 Berkas Asolole part2 karena ceritanya masih ribet #asolole.😀

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s