Museum Lampung


Tanggal 26 Januari 2013 tepatnya, saya dan ndhuk Ndari (adik sepupu saya) mengunjungi Museum Lampung.  Rencana ini memang sudah di rencanakan sebelumnya.  Harusnya ada 3 orang yaitu, saya, Ndari, dan Irham (adik sepupu saya), tetapi karena Irham (Iir) sedang ada urusan di rumah, jadi cerita ini hanya saya dan Ndari yang akan menghabiskannya.  Setiap hari sabtu siang, pukul 13.00 WIB sampai sore memang sudah kami sepakati untuk pergi hang-out alla kami.  Mengunjungi Bukit Kemiling, Menara Siger, Pantai, Pasar, Mall, Warung Makan, mana aja dah… Pokoknya hari Sabtu adalah milik kami.  Biar ngga bosen, kali ini kami masuk museum Lampung.

Museum Lampung

museum-blogku

Museum Lampung terletak disebelah kiri dari gerbang masuk Unila (Jl. Zainal Abidin) kurang lebih 100 m.  Museum Lampung dibuka setiap hari dengan biaya masuk Rp4000/orang.  Museum aktif kerja (atau dibuka) pukul 08.00-14.00 WIB.  Pengurusan administrasi dilakukan setelah melewati pintu masu utama.

Apa yang dimuseumkan ?
Di museum lampung dapat ditemui beberapa peninggalan sejarah seperti prasasti, ada hewan awetan seperti harimau, ada senjata perang seperti milik Pahlawan daerah (Raden Intan), Rumah adat lampung (miniatur dan aslinya), peninggalan kebudayaan: masa hindu, budha, dan islam, ada juga fosil manusia purba, ada juga peninggalan militer belanda dan jepang pada masa penjajahan seperti meriam, bogem, jangkar;  selain dari itu yaitu deksripsi tentang kebudayaan lampung seperti tapis, pernikahan, persalinan, khitanan, pemakaman, dan sebagainya.

Yang menarik perhatian saya?
Yang menarik perhatian saya adalah desain pada hutan buatan yang ditata dan disesuaikan dengan sound yang bagus sehingga terasa susana hutan.. di bagian ini juga digenapi dengan latarbelakang desain gunung krakatau, dengan desain seperti itu… ‘josss tenan dah’.
Kemudian ada juga yang menarik perhatian saya berikutnya, yaitu prasasti… dalam tulisan prasasti tersebut dituliskan kutukan-kutukan kepada orang/masyarakat yang melawan/memberontak dengan kekuasaan sriwijaya. Kasihan ya masyarakatnya… apa bangsa ini banyak masalah karena efek kutukan-kutukan prasasti pada zaman kerajaan masa silam. hahahaha😀 just kidding, bro.

Okke dah, ngga usah panjang-panjang deskripsi saya… jika sobat ada rencana Visit Lampung.  Jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini.🙂

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s