Karya Wisata Ilmiah (KWI)


sampul

Acara yang merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat ini akan dilaksanakan di dalam dan luar ruangan. Kegiatan di dalam ruangan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (19-20/1) di Aula Arafah Islamic Center Bandar Lampung. Kegiatan selanjutnya selama lima hari di Desa Sukoharjo IV, Pringsewu pada 30 Januari—3 Februari.

Tak hanya melibatkan mahasiswa, KWI juga melibatkan beberapa dosen Fakultas MIPA diberbagai jurusan untuk berpartisipasi. Para dosen bertugas memberikan materi terkait Aplikasi Tepat Guna (ATG), Aplikasi Sains, Micro Teaching, dan penyuluhan. (Dikutip dari artikel unila)

Karya Wisata Ilmiah diadakan tiap tahunnya oleh BEM FMIPA, dan agenda ini diwajibkan kepada seluruh mahasiswa FMIPA.  Pada kesempatan kali ini, saya berkesempatan untuk turut serta sebagai kakak asuh kelompok 21.  Tugas dan wewenangnya sebagai pendamping dan memberikan pengarahan sekaligus penghubung kerja antara panitia dan peserta.  Lebih dari itu saya berharap KWI ini menjadi tempat kami, mahasiswa Unila, khususnya FMIPA untuk mengerti bagaimana rasanya terjun langsung sebagai saintis dan berusaha memberikan solusi sesuai dengan disiplin ilmu yang kami geluti.

Acaranya…. kurang lebih sama seperti KKN, hanya saja, KWI dilaksanakan selama 5-7 hari.  Dalam satu kelompok akan ada 12-15 orang, perempuan dan laki-laki.  Dalam kelompok ini tergabung mahasiswa FMIPA dari berbeda-beda jurusan yang terdiri dari perempuan dan pria.  Selama masa pengabdian, mahasiswa akan tinggal di dua rumah idaman (rumah warga)… satu tempat tinggal untuk perempuan dan satu rumah untuk laki-laki.

Acara yang dilaksanakan diantaranya dialog kepemudaan, penelitian, microteaching, aplikasi sains dan kewirausahaan, layar tancap, bakti sosial, pengobatan gratis, gotong-royong, tabligh akbar, lomba masak, training motivasi pemuda, penyuluhan pertanian, penyuluhan narkoba, malam kreasi, dan pengangkatan kearifan lokal.

Pengalaman saya sendiri sebagai mahasiswa yang pernah mengikuti KWI pada tahun 2009 (awal saya masuk kuliah di Unila), bahwa KWI sangat berkesan… dan kenangannya masih terekam manis dalam ingatan.  KWI dapat menciptakan rasa kekeluargaan pada civitas akedemika FMIPA Unila, menjadi tempat mengembangkan bakat, menjadi tempat melepaskan ego senior dan junior, menjadi tempat untuk mencintai kedaerahan Indonesia, mempertemukan dengan orang-orang yang tidak akan mudah dilupakan, membuat kangen…. dan spesial dah.

Tahun 2009-2010 KWI dilaksanakan di daerah Kemukus, Lampung Selatan.  2010-2011 di daerah Tri Kora, Natar.  2011-2012 di daerah Tanggamus, dan kali ini 2012-2013 di daerah Sukoharjo 4, Pringsewu.

Bismillah… Join and Stand Up !

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s