Pasti ngga kuat… emboh


Sekuat apapun, sengaja atau tak disengaja…. setiap kali mendengar lagu itu.  Tiba -tiba mata mulai berkaca-kaca.  Menggenang, dipenuhi air mata.

Kog bisa gitu yho.  entah.

Pertama, lagu ini, Shaffix – Ibu.

Kedua, lagu ini… Mixta – Damba Cintamu.

Album Kedua

Dari lagu pertama, kalau menurut saya, banyak makna dibalik syair yang terlantun oleh lagu tersebut.  Makna tersebut, menyentuh hidup saya.  Banyak pengalaman yang telah saya lalui, dan dibalik itu semua ada seorang wanita yang sangat berpengaruh dalam hidup saya.  Ibu.  Pernah terpikir membuat suatu komitmen, boleh lhah meneteskan air mata hanya untuk satu wanita.  Menangis atas wanita karena satu hal, ‘saya akan menangis di hadapan Alloh swt saat mimpi yang ibu gantungkan padaku terwujud.. ‘.  Syair lagu shaffix memang kebanyakan melow.  Khususnya di album keduanya, paling banyak lagu melow.  Lagu-lagu itu diantaranya ‘Menangislah dibahuku’, ‘Keimanan’, ‘Selalu ada’, ‘ Secara’ dan ‘Sandiwara cinta’.  Namun, ada juga yang nge-beat.  Apapun aliran musik yang dibawakan oleh shaffix, keseluruhannya… SANGAT BAGUS.  Dapat menyentuh.  Kurang tahu denganmu, karena mungkin… karena penikmat lagu itu beda-beda.

Dari lagu kedua, saya tidak perlu menjawabnya.  Ini adalah ungkapan seorang hamba yang lemah, tak ada daya.  ‘Lahaula walaquata ilabillah’.  Dari intronya saja sudah sangat mengena sampai hati.  deg serrrrr….. serrr.  Di hidupku, sering saya tak tersadar untuk bersyukur… saat sedang terhimpit, tertekan, dalam kondisi sulit apapun itu penyebabnya.  Ada saja keajaiban doa yang pernah saya panjatkan.  Tiba-tiba, dibukakan jalan.  Sehingga, jadi merasa malu kalau mendengar lagu tersebut.  Introspeksinya ‘dalam‘.

Kalau sedang galau, atau turun semangat.  Lagu ini tidak membuat jatuh.  Efeknya netral.

Salah ngga tho, kalau psikologi terpengaruh dengan syair lagu ?  Iya, kalau dari yang sudah terasa… syair lagu pasti ada efeknya, jadi juga perlu hati-hati dengan yang namanya syair lagu.  “njogo sukmo”.

Semangat berlipat …

 

 

 

Menurutmu bagaimana?

