Bahasa alay telah diakui Wkipedia


krik krik krik… (backsound)

Hari ini sampai lewat larut malam membacaThe Free Encyclopedia di Wikipedia.  Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang berisi tentang artikel-artikel Wikipediaumum, sains, politik, agama, militer, budaya, kesenian, dan masih banyak lagi lainnya.  artikel wikipedia di sunting oleh orang yang mempunyai akun wikipedia.  Namun, pengunjung (bukan pemilik akun) yang mampir di wikipedia juga dapat menyunting tulisan yang telah ada. Pengunjung yang tidak mempunyai akun tidak bisa membuat artikel dalam wikipedia.  Jadi, artikel dalam wikipedia bersifat bebas… dapat disunting oelh semua orang.  Untuk artikel yang yang disunting oleh bukan pemilik akun, maka perubahan artikel perlu mendapat persetujuan dari penulis artikel tersebut.  Di Wikipedia bukan hanya artikel (tulisan saja) melainkan kita juga dapat menemukan gambar atau video yang telah di upload.  Banyak gambar-gambar bagus, dapat menambah wawasan kita.  Bahkan gambar-gambar yang di upload adalah gambar-gambar yang telah disaraing/filter berdasarkan aturan yang ketat, jadi bukan gambar-gambar sembarang.  Misalkan, gambar yang baru saja saya downoad dari wikipedia adalah Gambar Gunung Batur di Pulau Bali

Karena saya berniat mengisi artikel ke dalam wikipedia, maka saya membuat akun.  Ada yang saya temukan dalam daftar aturan pembuatan nama penggun… coba sobat baca aturan berikut ini.

Aturan menentukkan nama pengguna dalam pembuatan akun wikipedia

Aturan menentukkan nama pengguna dalam pembuatan akun wikipedia

Dalam gambar diatas, coba amati tulisan yang saya beri tanda merah dan garis hijau.  hhe… “nama alay”.  Iya, nama alay dalam aturan tersebut dilarang digunakan.  Namun, bukan tentang masuk atau ngga-nya dalam aturan tersebut.  Coba ikut saya… Kita lihat dalam sisi lain.

In other hand, saya dapat mengerti bahwa Wikipedia telah menyadari keberadaan “bahasa alay” sampai-sampai dikawatirkan akan digunakan sebagai nama akun atau nama pengguna.  Ciyuz…. ini baru pertama kalinya saya temui, pandang saja facebook, yahoo, google, wordpress, atau 4shared.  Tidak ada aturan yang terkutip/terkenali pemahaman akan “alay.  Berarti facebook, yahoo, dan Google dan sebagainya belum menyadari keberadaan “bahasa alay”.

Apa sih alay ?

Berikut kutipan yang saya ambil dari Teknokra.com

Sejarah Bahasa Alay

Kata-kata yang mampu mencairkan suasana dalam pergaulan tersebut ternyata berasal dari Bahasa 4L4Y (red. Bahasa Alay). Alay merupakan istilah yang sedang populer di kalangan anak muda, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Alay merupakan singkatan dari Anak layangan yang diartikan dengan orang kampungan yang hobinya main layangan.

Menurut Kamusmania.com Bahasa Alaymuncul pertama kalinya sejak mulai adanya SMS atau pesan singkat dari layanan operator yang mengenakan tarif per karakter ataupun per SMS yang berfungsi untuk menghemat biaya.

Namun dalam perkembangannya kata-kata yang disingkat tersebut semakin melenceng, apalagi sekarang sudah ada situs jejaring sosial.  Dan sekarang penerapan bahasa ini sudah diterapkan disitus jejaring sosial. Parahnya kata tersebut bukan hanya disingkat namun sudah mengubah

kosa katanya. Bahkan cara penulisannya pun bisa membuat sakit mata orang yang membaca karena menggunakan huruf besar kecil yang diacak. angka dan karakter tanda baca yang rumit juga membingungkan pembacanya. Bahkan arti kosa katanya pun menceng jauh dari yang dimaksud.

Contohnya M3t p4G1 4LL (red. met pagi all), Ud4h m4k4N l0m (red. udah makan lom), Cmoga qmuh ud4H ga binun ya. Xixixixi (red. Semoga kamu sudah gak bingung ya. Hihihi). Pengucapan bahasa alay pun seperti anak balita yang memulai belajar bicara. Jadi terdengar seolah-olah cadel.

Menurut Wisnu Sasongko pakar bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa RI bahasa Alay sudah ditemukan sejak tahun 1835 pada naskah yang bertuliskan huruf Jawa Kono yang berjudul Angling Dharma.

Dalam naskah itu, kata ratu ditulis dengan menggunakan kata “Ro” sebanyak tujuh kali sehingga terbaca sebagai ratu. Padahal jika merujuk pada tata bahasa jawa kuno, semestinya kata ratu ditulis dengan menggunakan ‘Ro’, ‘To’ dan ‘Wulu’. “Kalau hanya ditulis dengan Ro sebanyak tujuh kali, maka artinya menjadi tujuh atau pitu sehingga terbaca ’R’ dan ’Tu’,” jelasnya. (Teknokra, 2012)

Haha… ya begitulah.  Banyak hal yang dapat kita temui dalam lingkungan hiijau biru ini (Dunia).

Alay menurut saya adalah kekanak-kanakan, candaan, atau malah inovatif (ada nilai jual dari kreatif). hha

Dokumentasi

ALAY NGGA SIH KALAU HAL INI SAYA TULIS DI BLOG ?

hha

Iklan

2 responses to “Bahasa alay telah diakui Wkipedia

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s