Mungkin ngga ya, membuat wayang kulit digital (Flash Animation) ?


Minggu kemarin, tepatnya hari sabtu, nonton tv sampai lewat tengah malam untuk nonton sepakbola.  Kemudian, saat jeda istirahat babak pertama.. saya ganti ke chanel tv lain, coba cari program yang menarik.  Eh, ada pertunjukan wayang kulit dan pas lakonnya (drama bagian) goro-goro (bagian lucu).

Jadi, kepikiran… membuat wayang kulit digital dengan bantuan desain grafis (Corel dan Photoshop) kemudian pengolahan utama seperti menggerakan wayang dengan mouse atau keyboard dengan bantuan Macromedia Flash.

BISA NGGA YA?

Iya, kalau menurut saya bisa lhah digarap.

Siapa saja yang terlibat?
Perlu kerjasama dengan orang yang menguasai desain grafis, script animasi macromedia flash, menguasai algoritma pemrograman yang baik dan pemahaman tentang kebudayaan wayang itu sendiri.

Kondisi Kekinian?

Setelah saya cari di berbagai sumber online atau cetak , wayang digital yang baru saya temukan adalah wayang digital yang berupa film animasi dan komik.  Hasilnya memuaskan, selengkapnya bisa sobat cek di http://www.e-wayang.org/ atau http://students.ittelkom.ac.id/web/viewtopic.php?t=5464 .

Gagasan Kreatifnya Bagaimana?

Model yang ingin diaplikasikan adalah seperti pembuatan game flash.  Jika sobat pernah menonton Kick Andy Show tentang pembuatan Gamelan digital dengan Macromedia Flash yang membunyikan nada-nada dari gong dengan mengklik gambar gong tersebut, iya, seperti itu.

Konsep sederhanaya bagaimana?

  1. Desain gambarnya bisa diolah dengan CorelDraw dan Adobe Photoshop.
  2. Di Macromedia Flash, bagian olah tubuh yang akan digerakan di wayang adalah dua bagian yaitu tangan dan tubuh utama (kepala, badan, dan kaki).
  3. Gerakan pada wayang akan digerakan oleh mouse seperti drag, drop, dan klik.  Karena mouse hanya dapat menggerakan satu bagian jadi untuk menggerakan dua tangan atau bagian tubuh yang lain sekaligus dalam saat yang bersamaan dapat memanfaatkan movement-keys dari keyboard.  Nah, ditahapan ini nih butuh orang-orang yang pakar dalam algoritma dan penguasaan script animasi macromedia flash.
  4. Wayang memiliki banyak tokoh pewayangannya, jadi ajak juga seniman wayang untuk ikut andil dalam pembuatan wayang kulit digital.
  5. Sedikit harapan lebih. Karena ini adalah digital… tentu ada beberapa kekurangan dan kelebihan.. kelebihan disini bisa sangat dimanfaatkan pada animasi yang lebih menarik seperti dapat diolah background saat penyesuaian kondisi dalam cerita seperti awan, gerak-gerik mata, senjata, efek, dapat melakukan pertunjukan wayang dengan digital (projektor) dan sebagainya.  Dengan mengedepankan sisi edukatif dari wayang ini, bukan berarti berniat ingin menggantikan wayang hanya ke dalam bentuk digital.  Karena sejauh yang saya tahu bahwa wayang adalah warisan sejarah yang biasa digunakan dalam kegiatan adat (:jawa).

Selanjutnya ?

Yuk, siapa yang mau gabung? bersama-sama ikut berapresiasi dalam pelestarian warisan budaya Indonesia.  Kita buat kelompok kerja penyelesaian penggarapan program ini.  Saya hanya coba menyampaikan ide, siapa pun yang ingin memandu, maka saya akan lebih berterimakasih.  Grup kerja ini bisa bekerja online, minimal seminggu sekali.  Tidak perlu mengejar target satu bulan selesai.. anggap saja media berbagi kebermanfaatan kita sebagai orang untuk orang lain.  Satu tahun terbit satu versi tidak masalah.

🙂  Dari saya cukup sekian, terimakasih sudah berkunjung di jajaran huruf tak terurut saya.

Iklan

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s