Kenapa Sinar Sore Matahari dapat Membawa Warna Benda ?


Sebelum dibaca lebih lanjut, semoga tidak salah paham. Artikel ini bukanlah artikel yang menjelaskan bagaimana terjadinya proses/peristiwa yang menjelaskan judul postingan diatas, melainkan ini adalah keterbatasan wawasan saya. Saya ingin bertanya, Kenapa ya Mas, Mbak, Om, Bibi, Pak, Bu.. Kenapa Sinar Sore Matahari dapat Membawa Warna Benda ?

matahari-soreSuatu ketika, di sore hari, saya duduk di pendopo depan rumah. Kemudian melihat ketembok terlihat bayangan tiang penyangga pendopo. Saya melihat warna cahaya blur/lunturan halus dari warna cat tiang pendopo di sekitar bayangan tiang tersebut. Merasa kagum, saya pastikan kejadian sore itu dengan benda yang lain. Apakah memang benar sinar matahari sore menarik (atau: memantulkan?) warna pada benda padat sehingga disekitar bayangannya terlihat warna blur dari benda padat tersebut ? Alhamdulillah, benar. Saya coba dengan buku, saya coba dengan daun, saya coba dengan kayu, semuanya menghasilkan efek yang sama. Senang, tapi penasaran. Saya dapat hal baru. Saya yakin hal ini pasti sudah diketahui oleh orang lain, ilmuwan, guru, atau siapa saja. Namun, kenapa bisa demikian? Saya belum tahu jawabanya. (? ? ? ? ? ? ? ? ?)

photo2063Iya, tidak di setiap waktu, sinar matahari dapat mengalami proses ini. Hal ini dapat dijumpai saat sore hari, senja, 2 Jam sebelum matahari terbenam (standar yang saya buatπŸ™‚ ). Pada pagi hari, sinar matahari tidak dapat membawa warna benda, pun demikian pada siang hari. Pada pagi dan siang hari benda padat yang terkena sinar matahari hanya akan memiliki bayangan berwarna gelap (hitam) dan di sekitar bayangan benda tersebut tidak ditemui warna pudarannya.

Kenapa Sinar Sore Matahari dapat Membawa Warna Benda ?

Kenapa bisa demikian? Sobat tahu?

Ya, bantulah saya. Tolong penjelasannya ya.

Ada pepatah mengatakan,

Berbagi apel, maka apel akan berkurang.

Berbagi ilmu, maka ilmu akan bertambah.

Terimakasih atas kesedianmu, sob, atas penjelasannya.πŸ™‚

3 responses to “Kenapa Sinar Sore Matahari dapat Membawa Warna Benda ?

Menurutmu bagaimana?

