Bukit Kemiling Permai lokasi Penelitian Hilal


xBukit Kemiling Permai atau lebih akrab disebut BKP oleh warga sekitar.  BKP merupakan dataran tinggi yang berada di sekitar daerah Kemiling, Bandar Lampung.  Ketinggian BKP mencapai 244 m di atas permukaan air laut dan di puncak inilah kami melakukan pengamatan dan penelitian hilal.  Angin sore yang sejuk saat berada di puncak ditambah kebebasan menatap lepasnya pandangan mata kota Bandar Lampung memberikan aktifitas sampingan bagi kami.  Ya, pemandangan berbukit dan gemerlap lampu mndi senja hari memberikan pemandangan yang indah bagi kami.

BKP merupakan lokasi umum sehingga warga diperbolehkan beraktifitas disini tanpa ada pihak yang meminta pungutan biaya.  BKP dapat dicapai selama kurang lebih 15 menit dari Universitas Lampung.  SMP N 28  Bandar Lampung dapat dijadikan patokan untuk menemukan lokasi ini karena BKP berjarak 50 m dari SMP N 28 B.Lampung.  Jika sobat membawa sepeda motor, jangan kawatir, motor dapat dibawa ke atas puncak melewati jalan kecil yang mengitari bukit.

Lokasi ini cocok untuk pengambilan gambar alam Lampung yang menarik karena dari puncak ini dapat terlihat pemandangan kota, maupun pemandangan alam Lampung yang belum dihuni manusia (masih kebun dan hutan).  Ilalang hijau (karena kemarau warnanya sekarang jadi kekuningan😉 ) yang menyelimut bukit membaluti seni alam yang indah seperti di lokasi shooting film hhe.   Posisi terbenamnya matahari yang menyerasikan fokus kamera menjadi faktor pendukung bahwa lokasi ini sangat pas dijadikan sebagai tempat pelaksanaan pengamatan dan penelitian hilal.

yMenjelang akhir Ramadhan 1433 H tepatnya tanggal 18 Agustus 2012, saya berkesempatan bergabung dengan teman-teman Jurusan Fisika FMIPA Unila untuk melakukan penelitian hilal.  Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi hilal tahun 2012, berupa relay video streaming Hilal Ramadhan dan Syawal dari website Kementrian Komunikasi dan Informatika RI yang diterima dari beberapa titik lokasi pengamatan di Indonesia.

Pengamatan dan penelitian ini dilakukan di 22 titik berbeda di penjuru Indonesia, salah satunya yaitu di BKP.  Pengamatan ini berlangsung dari pukul 16.00-18.30 WIB.  Kami sudah standby ditempat sejak pukul 15.00WIB sembari menyiapkan pemasangan alat untuk pengamatan.  Ada dua optik yang digunakan dan semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu melihat penampakan hilal.  Hasil pengamatan diteropong menunjukan bahwa hilal tidak Nampak, namun dengan bantuan software laptop maka hilal dapat terlihat dengan jelas setelah mengatur intensitas cahaya dari matahari.  Hilal tidak bisa dilihat langsung dengan teropong karena dekatnya yang bersebelahan dekat dengan matahari sehingga nampak kurang jelas.  Berdasarkan perhitungan, setelah matahari tenggelam maka akan ada selang waktu 30 menit untuk hilal ikut tenggelam menyusul matahari dan waktu-waktu tersebut sangat baik untuk mengamati penampakan hilal.  Namun, faktor alam menjadi pertimbangan saat pengamatan karena adanya awan yang menutupi pengamatan ini sehingga hilal tidak terlihat (kondisi cerah berawan).  Hasil pengamatan ini dapat disaksikan langsung oleh seluruh masyrakat Indonesia melalui video streaming di http://hilal.kominfo.go.id (website Kementrian Komunikasi dan Informatika RI).


Hilal merupakan awal masuknya bulan baru pada kalender hijriah. Banyak kegiatan ke-islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti tahun baru Hijriah, awal puasa Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian, dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh penampakan hilal.

Jika sobat berencana main ke Bandar Lampung, jangan lupa kunjungi lokasi ini ya.

Terimakasih, sob, atas kesediaanmu membaca artikelku.😀

4 responses to “Bukit Kemiling Permai lokasi Penelitian Hilal

  1. tabikpunnn…
    saya yogi, beswan bandung 25, rumahnya di Lampung. Seandainya musim hujan, mungkin bukitnya akan lebih bagus dan hijau. Seru dh.. budi beswan berapa jurusan apa?

  2. hai Bud… aku tinggal di pringsewu… hunting foto yuk bud. this is my number 0852 7939 2022. pengen k gang PU lagi sama Bambu Kuning🙂

    • Ayo mas, kapan ya? September gimana? tapi, di PU ama Bambu Kuning mau ambil foto dimana? temanya apa mas? hhe.. kayanya ngga ada yang pas, ya, kembali lagi tergantung temanya 😀

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s