Keindahan Sunset di Waduk Way Jepara


photo2136
Pada masa KKN Tematik Unila 2012, saya berkesempatan mengunjungi salah satu pesona alam Lampung,salah satunya yaitu waduk Way Jepara. Waduk ini menjadi perbatasan desa Sumber Marga, yaitu desa KKN saya.Waduk yang letaknya di Desa LAbuhan Ratu Danau, Kec. Way Japara, Kab. Lampung Timur ini merupakan waduk yang memiliki luas lebih dari 10 hektar.Jika Sobat pernah mengunjungi Taman Nasional Way Kambas (Penangkaran Gajah) Lampung, lokasi waduk dari Way Kambas dapat dikunjungi dengan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Jika dari kantor kecamatan Way Jepara lokasi ini dapat dicapai dengan memakan waktu kurang lebih 15 menit.photo2146

Waduk ini berfungsi sebagai penadah air irigasi pertanian, artinya waduk ini tidak dikhususkan sebagai lokasi wisata.Maka dari itu, dapat dijumpai usaha perikanan di danau ini. Kemudian, ada juga warga yang memanfaatkan waduk sebagai tempat pemancingan.

Kondisi di sore hari, lain daripada di pagi hari atau siang hari saat di waduk.Di sore hari, waduk ini ramai dikunjungi warga untuk melihat indahnya pemandangan saat matahari tenggelam.Perahu-perahu kecil seperti sampan nelayan yang menyeberangi danau menambah keindahan pemandangan di sore hari sehingga pengabadian gambar terlihat sangat menarik.Hutan dan perkebunan di sekitar waduk juga menambah keindahan pemandangan.Hutan dan perkebunan hijau sebagaian besar mengelilingi waduk yang memiliki penampang seperti badan gitar menambah keindahan pemandanganya.Udara segar dan sejuk mebuat pengunjung semakin betah untuk duduk di tepi bukit danau.

Danau ini tidak di khususkan sebagai tempat wisata, maka dari itu tidak ada pungutan biaya atau tarif untuk memasuki kawasan danau.Meskipun tidak ada tarif, sebagai pengunjung yang memasuki kawasan danau harus menjaga kebersihan dan keasrian danau.Pelindung untuk pengunjung masih sederhana, tidak di dekorasi khusus selayaknya taman wisata mungkin karena lokasi ini tidak dikhususkan sebagai tempat wisata.

Nah, itu tadi gambaran sedikit dari saya tentang waduk way jepara.Jika sobat ingin langsung melihat indahnya waduk Way Jepara, terutama sunset-nya.Ah, langsung saja berkunjung kesini.Sekaligus silaturahmi ke rumah saya. 🙂 (1 Jam dari waduk).

Terimakasih sob, atas kesedianmu membaca artikelku. 😉

Iklan

4 responses to “Keindahan Sunset di Waduk Way Jepara

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s