Nasi Tiwul Goreng untuk Makanan Instan Indonesia


Nasi goreng ternyata bukan hanya menjadi makanan favorit, namun juga merupkan wisata kuliner karena rasa racikan bumbu antara rempah bawang, garam, cabai, dan pengapian yang pas. Oleh karena itu, nasi goreng mudah dijumpai di rumah makan dan terkadang termasuk kedalam menu utama dengan tambahan keunikan racikan bumbunya. Sedangkan tiwul adalah makanan yang mengandung karbohidrat sehingga mampu membantu bahkan menggantikan nasi dalam suplai kebutuhan gizi.

6969-tiwulTiwul terbuat dari singkong yang direbus, ditumbuk, dibutirkan, dan dikeringkan sehingga selayaknya menjadi beras. Warna tiwul yaitu coklat kehitam-hitaman baik sebelum di masak maupun setelah dimasak. Bentuk tiwul yaitu bulat ellips. Pada proses memasak tiwul, tiwul dapat dicampur dengan beras sehingga disebut nasi tiwul. Percampuran antara beras dan tiwul ini mengandung rasa yang enak, terasa sedikit kenyal dan tidak lengket.

Tiwul dapat digoreng menjadi nasi goreng setelah dipadu bersama nasi, namun apabila tidak dipadukan dengan nasi juga tidaklah masalah. Rasa kenyal dan tidak lengket membuat nasi goreng tiwul mejadi terasa gurih. Warna tiwul sendiri juga membuat warna nasi goreng tiwul menjadi menarik, hitam dan putih. Rasa hangat dari nasi tiwul goreng juga tidak cepat hilang karena ukuran tiwul yang sedikit lebih besar daripada nasil sehingga kalor/panas yang terserap masih bertahan lebih lama didalamnya. Nasi tiwul goreng juga menjadi lebih nikmat saat ditambahkan timun, atau ‘lalapan’ yang lainnya seperti daun singkong, tomat, kubis, dan sebagainya karena rasa gurih yang dimilikinya.

tiwul-gorengSalah satu perusahaan di Indonesia sudah ada yang menciptakan/memproduksi racikan bumbu khusus nasi goreng, hal ini mempermudah dalam pembuatan nasi goreng yang nikmat. Maka dari itu, nasi goreng tiwul ini dapat dijadikan makanan instan dengan racikan bumbu yang ada dari perusahaan tersebut, namun syukur-syukur lebih baik jika bisa menciptakan racikan bumbu yang lebih nikmat dan sesuai dengan cita rasa dari tiwul itu sendiri. Dari bentuk awal, tiwul dapat dikeringkan maka tiwul dapat di kalengkan dan pengolahan memasak bisa dimisalkan seperti pembuatan mie instan.

Nah, selanjutnya fokus pada pemasaran nasi goreng tiwul instan. Singkat saja, mungkin bagus untk memberikan nama yaitu nasi goreng tiwul instan cik-cik. Karena dalam kaleng, saat diguncang-guncang suara tiwul dalam kaleng berbunyi, ‘cik cik’.

Terimakasih,

.

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s