Ternyata ada rumus untuk mencari akar kuadrat


Matematika adalah suatu alat yang dibutuhkan dalam kehidupan.  Alat tidak dapat digunakan tanpa mengetahui cara menggunakannya.  Jika Matematika diibartkan suatu alat maka harus diketahui bagian manakah tuasnya, sisi sebelah mana yang tajam, haruskan diputar, diayun, digesek, atau diatur sehingga sesuai dengan kegunaannya.

Matematika memberikan pemecahan dari suatu masalah yang sedang kita hadapi.  Misalkan dalam perhitungan dan analisis suatu perkiraan tinggi gedung bangunan, seorang insinyur dapat menggunakan teorema phytagoras (siku-siku segitiga) untuk menghitung tinggi bangunan tersebut, kemudian dibutuhkan perhitungan akar kuadrat.  Dalam masalah ekonomi, menentukan faktor keuntungan dari persamaan kuadrat sebagai laju pertumbuhannya, maka dapat ditentukkan dari akar-akar persamaan tersebut, dan didapatlah terapan akar kuadrat didalamnya.

Akar kuadrat menjadi kebutuhan, namun akar kudrat terkadang memberikan sedikit pemikiran tambahan jika mencari hasil nilainya dengan cara menduga/menebak angka pergandaan yang mendekati bilangan akar kuadrat tadi.  Ada banyak cara untuk menentukkan nilai dari akar kuadrat.  Pada kesempatan ini saya mencoba meberikan rumus mencari nilai akar kuadrat.  Saya mendapatkan ilmu kanuragan ini 🙂 dari kakak saya saat saya masih duduk di bangku SD, mungkin teman-teman juga sudah tahu rumusnya, namun tidaklah mengapa karena ilmu tidak akan habis termakan zaman.

Misalkan:
akar-badalah nilai yang akan dicari. Maka tentukan suatu nilai

akar-a-dan-akar-c

sehingga memenuhi

akar-a-b-c

Maka, Rumusnya adalah

rumus

–    –    – –    –    – –    –    – –    –    – –    –    – –    –    – –    –    –

Contoh:
berapakah
nilai akar-13 ?

Penyelesaian:

Misalkan

akar-b=akar-13

kemudia tentukan sebarang

sampel-a-c

Maka

penyelesaian-contoh

Mungkin teman-teman tahu ada cara yang lebih mudah lagi dalam perhitungan akar kuadrat manual tanpa Kalkulator yaitu dengan penerapan aljabar abstrak. Aljabar abstrak melakukan partisi digit dan dengan menentukkan pergandaan yang mendekati partisi digit tersebut maka akan ditemukan nilainya, namun kali ini saya cukupkan tulisan ini sampai dengan rumusan diatas, jika ada waktu insyaAlloh akan saya tambahkan untuk pencarian nilai akar kuadrat dengan aplikasi aljabar abstrak.

Selamat mencoba sobat kelap-kelip.

.

Iklan

8 responses to “Ternyata ada rumus untuk mencari akar kuadrat

    • boleh pak. tetapi 2 dan 3 hasil akarnya bukan bilangan bulat. usahakan gunakan yang menghasilkan akar bulat untuk mempermudah penghitungan. misalnya akar 100 = 10. akar 4 = 2.

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s