Karya Anak Bangsa, Operating System buatan garuda muda, dan Jiwa Nasionalismenya


Hari ini hari minggu, menjelang final Euro 2012.  Italy Vs Spanyol, saya dukung spanyol.  Sembari menunggu kick off laga final ini, saya sempatkan diri untuk melihat software terkini.  Saya ketikan di google, ‘equation untuk wordpress’ , namun belum saya temukan.  Saya tidak merasa kecewa karena belum menemukkan yang saya cari, namun saat melihat-melihat dari berbagai blogg yang saya kunjungi tadi, saya menemukkan satu blogg yang aktif menuliskan tentang software anak bangsa, dan saya temukan ada OS baru, buatan anak bangsa yang mereka beri nama GARUDA.

1GARUDA adalah Operating System Open Source karya anak bangsa.  Saya senang melihat karya ini, ini adalah salah satu letih kerja saudara perjuangan saya di salah satu penjuru nusantara.  Iya, ia adalah saudara sebangsa dan setanah air Indonesia.  OS GARUDA sudah memenuhi fitur dan menu yang sangat bagus menurut saya, dan sempat saya baca bahwa mereka juga memasuki perjuangan go to internasional. Sisi yang sangat menyentuh hati saya adalah jiwa nasionalisme yang mereka miliki.  Terang saja, mereka menamakan OS mereka dengan nama GARUDA, Indonesia banget !

Dengan slogan “Menuju Indonesia yang lebih Mandiri melalui Teknik Informatika” adalah pembakar semangat mereka, slogan ini juga mereka tuliskan di heading blogg mereka.  Slogan diatas juga menyampaikan jiwa nasionalisme mereka akan kepedulian 4menjadi bangsa yang mandiri dalam bidang informatika/komputer.  Selama ini saya akui bahwa keberadaan OS import memang selalu menjadi pilihan kebanyakan orang di negeri ini, baik secara personal, maupun lembaga. Semoga GARUDA mampu sebanding seperti OS Windows yag merupakan OS yang populer dan dengan mudah ditemui dimana saja.  Ada makna benar dari slogan mereka, bahwa bukan tidak mungkin dengan OS GARUDA mendunia sehingga bisa menjadikan bangsa ini menjadi meningkat dalam statistika sains, dan mampu meningkatkan pendapatan negara.  Timbulah Indonesia Yang Mandiri.

GARUDA adalah OS yang diciptakan oleh Garuda Muda di negeri ini.  Saya berharap bahwa Garuda-Garuda besar yang saat ini sedang mengayomi bangsa ini juga peduli terhadap karya garuda muda mereka.  Garuda-garuda muda ini perlu bantuan moral dari garuda-garuda besar sehingga mereka mampu menjaga nasionalisme mereka.  Jangan sampai mereka merasa tidak ada bantuan moral, merasa tidak di anggap. Ibaratnya kita sudah menanam padi, tetapi memilih beras dari negeri tetangga.  Semoga garuda-garuda muda dapat menjaga nama baik bangsa dan mampu membawanya terbang menjadi bangsa yang berdaya guna untuk dunia.  Amin.

semangat dan sukses untuk GARUDA.

.

2 responses to “Karya Anak Bangsa, Operating System buatan garuda muda, dan Jiwa Nasionalismenya

    • hehehe…

      ada ada aja. Ya, bisa… #tangkap gorengannya.

      OS itu sistem yang menjalankan dan menata jalanya aplikasi dan konfigurasi dalam suatu komputer, seperti OS Windows 7.

Menurutmu bagaimana?

