Mungkin tidak ya, menggantikan alkohol dengan Peyeum untuk dunia barat?


Malam hari, sambil corat-coret kertas mengerjakan tugas kuliah.  Teman saya, panggil saja Elku, pulang dari tempat ia menempuh studi dan seorang staff Pusat Komunikasi di PT Teknokrat.  Ia membawakan saya peyeum singkong.  Saat itu, saya punya ingatan bawah sadar, saya lagi nyari bahan karya ilmiah.  Ketika saya menggigit peyeum, rasanya nyess… anget… pengen nambah dan rasa dingin serasa ditemani hangat oleh aura(hhe) peyeum itu.  Jrenggg.. Nah, saya ada ide? senang didalam hari saya. BAGAIMANA KALAU SAYA JUALAN PEYEUM DI DUNIA BARAT?

peuyeum-bandungApa itu peyeum?  Peyeum adalah makanan khas Sunda, Bandung, Jawa Barat.  Proses pembuatan peyeum hampir sama dengan pembutan tape, dengan proses peragian.  Rasanya hangat, tetapi kalau dirasa (belum saya analisa) terasa memiliki kandungan gulanya. Diabetes lhoh… hhe.

Mungkin tidak ya, menggantikan alkohol dengan Peyeum untuk dunia barat?  Peyeum mempunyai rasa hangat saat tertelan kedalam tubuh, jadi menurut saya sangat simpel (sementara ini sedikit kesampingkan dulu jiwa ilmuwan untuk menghemat waktu) bahwa rasa hangat ini mungkin bisa menggantikan hangatnya minuman alkohol (tetapi saya belum pernah mencoba rasa alkohol).  Orang-orang banyak mengatakan bahwa dengan meminum minuman keras badan menjadi hangat, jadi menurut uji rasa lidah saya maka boleh lhah peyeum menggantikan kehangatan dari minuman keras yang laris di dunia barat.  Meminum minuman keras dapat memabukkan peminumnya, namun dengan uji rasa lidah saya bahwa dengan makan peyeum normalnya tidak akan mabuk, sedangkan takaran normal minuman keras saja sudah mabuk.  Jadi, bolehlah peyeum menggantikan minuman keras di dunia barat.
Peyeum mungkin masih perlu sedikit pertimbangan untuk rasa manis yang terkandung didalamnya dan cepat kenyang.

Sekarang, bagaimana teknik menjual peyeum agar laris di eropa.  Simpel saja, saya akan menyusun pola pikir masyarakat dengan mengatakan ini adalah makanan spesial untuk dunia barat. Anda tidak akan mabuk dengan suplai kehangatannya.

If you are cold and do not want to get drunk then eat peyeum

.

Iklan

2 responses to “Mungkin tidak ya, menggantikan alkohol dengan Peyeum untuk dunia barat?

  1. coba dulu kami analisis,
    bandingkan kandungan yg terdapat di peyeum dgn alkohol, orang minum alkohol tidak sekedar menghangatkan. Malahan kalau utk menghangatkan bisa saja menkonsumsi beer atau teh hangat, bahkan coffee. baca juga psikologis orang barat, sebenarnya apa motif mereka pada umumnya mengkonsumsi alkohol. Seberapa persen mereka minum alkhol hanya utk menghangatkan badan tau justru emang sengaja utk get drunk.
    Sukses ya writting competitionnya!!
    Semangat!!!

    • wah, terimakasih kak Irwan dah mampir dan kasih komentarnya. Iya, kak. Dari yang saya tahu bahwa yang namanya fermentasi maka akan mengandung alkohol. Fermentasi ini juga terjadi pada proses pembuatan peyeum, namun maaf kadar alkohol dalam peyeum itu sendiri saya kurang tahu rata-ratanya berapa persen. Jadi, rasa hangat di badan saat mengkonsumsi peyeum tadi berasal dari kandungan alkohol didalamnya. (sederhananya, hati-hati jika makan peyeum terlalu banyak bisa mabuk, hhe… )

      sebenarnya peyeum bukan hanya pengahangat badan biasa karena terbuat dari singkong yang kandungan energinya per 100 gr hampir setara dengan nasi dengan ukuran yang sama. dan singkong kuning juga mengandung vitamin A, rendah lemak dan protein, jadi.. lumayan lhah untuk penghangat badan bergizi.

      untuk pertimbangan secara psikologis mungkin perlu saya pertimbangkan kembali, terimakasih kak untuk sarannya.

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s