Pola akar kuadrat bernilai bilangan genap


Dalam blog ini ada lebih dari satu bahasan terkait akar kuadrat, bukan sengaja saya fokuskan ke bahasan tersebut. Namun, pola akar kuadrat secara tidak sengaja memang lebih sering saya temukan saat saya mencoret-coret kertas. Juga mengingat bahwa akar kuadrat sedikit lebih susah daripada operasi perhitungan seperti perkalian atau pembagian biasa sehingga saya berfikir bahwa bahasan terkait akar kuadrat bisa dijadikan artikel yang pantas dibaca.

Artikel ini akan membahas tentang pola akar kuadrat berakar bilangan genap. Awalnya, saya bermain kalkulator di handphone saya sepulang dari sholat tarawih di bulan Ramadhan 1433 H. Ya, Ngga disengaja coba membagi bilangan-bilangan kuadrat dengan faktor-faktornya. Kemudian, saya melihat ada pola untuk akar kuadrat dengan akarnya yaitu bilangan genap. Berikut adalah pola yang saya temukan.

Setiap bilangan yang dapat diakarkan dan memiliki akar bilangan genap akan habis dibagi 4 (dibuktikan sendiri hhe). Jika ada bilangan yang dapat diakarkan dan memiliki akar bilangan genap maka bilangan tersebut juga bilangan genap. Sehingga nilai akar kuadrat yang bernilai genap dapat ditentukan.
contoh:


nilai dari akar(36), bagi(1) 36/4=9, akar(9)=3, 3x(2)^(1)=6 => akar(36)=6

nilai dari akar(196), bagi(1) 196/4=49, akar(49)=7, 7x(2)^(1)=14 => akar(196)=14

nilai dari akar(1296), bagi(1) 1296/4=324, bagi(2) 324/4=81, akar(81)=9, 9x(2)^(2)=36 => akar(1296)=36

Formulanya:

akar-genap

Nah, itu tadi pola yang saya dapatkan untuk menentukan nilai akar kuadrat bilangan genap (yang dapat diakarkan dengan nilai bilangan bulat). Untuk pola akar bilangan ganjil saya belum menemukannya. Mungkin, sobat pernah menemukan hal serupa. Ada beberapa hal yang masih menjadi pertimbangan dalam proses penyelesaiannya. Yaitu apabila mendapatkan nilai m ganjil dan masih terlalu besar, maka hal ini masih merepotkan (tidak bisa dibagi 4 ) karena harus diakarkan. Apakah pola ini sudah pernah sobat temukan sebelumnya? kalau sudah, berarti saya yang telat. ;) saling share ya.

Pernah saya menggunakan kalkulator saat mengerjakan akar kuadrat dari suatu bilangan, kemudian guru fisika SMA-ku menegurku, “Kasihan kalkulatornya bud, rusak nanti.” Hhe.. terimakash Pak Tejo.

Sekian, Terimakasih sudah mampir, sob.

About these ads

6 responses to “Pola akar kuadrat bernilai bilangan genap

Menurutmu bagaimana?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s